Rabu, 09 Juni 2010

Hattrick !!!, Kota Kraksaan Kembali Raih Adipura

Reporter : Dody Kasman

JAKARTA - Setelah ditetapkan sebagai Ibu Kota Kabupaten Probolinggo, Kota Kraksaan kembali memperoleh anugerah istimewa di pertengahan tahun ini. Untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut, Kota Kraksaan kembali berhasil meraih penghargaan Adipura.
Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2010, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menyerahkan penghargaan Adipura kepada Kota Kraksaan sebagai Kota Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Perkotaan untuk Kategori Kota Kecil.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Presiden SBY kepada Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si bersama beberapa Kepala Daerah lainnya di Istana Negara Selasa (8/6) pagi kemarin.

Beberapa saat usai menerima penghargaan, Bupati Hasan mengatakan bahwa keberhasilan meraih kembali penghargaan Adipura ini adalah keberhasilan bersama dan berkat kerja keras seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah daerah.

“Prestasi membanggakan ini adalah keberhasilan seluruh rakyat Kabupaten Probolinggo. Semoga keberhasilan ini dapat menjadi motivasi untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan serta menjadikannya kebiasaan hidup sehari-hari”, ujar Bupati Hasan.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengaku bersyukur dan berterima kasih atas diraihnya kembali penghargaan Adipura tersebut.

"Kami haturkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo khususnya Kota Kraksaan yang selama ini ikut peduli dalam menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan hingga membuahkan hasil berupa piala Adipura ini," tutur Dewi.

Pejabat berjilbab ini menjelaskan, pada penilaian Adipura tahun ini Kota Kraksaan berada di peringkat 8 nasional dan ranking 4 se propinsi Jawa Timur untuk kategori Kota Kecil.

Dewi mengakui butuh waktu dan kerja keras untuk merubah perilaku masyarakat agar sadar dan peduli pada lingkungan sekitarnya. “Dengan keberhasilan ini, setidaknya mampu menjadi motivasi agar budaya bersih menjadi kebiasaan sehari-hari warga masyarakat. Untuk itu upaya-upaya membudayakan hidup bersih harus terus dilakukan”, ujarnya.

Keberhasilan tiga tahun berturut-turut meraih predikat sebagai kota kecil terbersih membuat Kota Kraksaan harus terus berbenah dan meningkatkan kebersihan lingkungan agar penghargaan tersebut dapat kembali diraih tahun depan. “Tentunya mempertahankan lebih sulit dari pada merebut, namun dengan kerjasama semua lapisan masyarakat dan pemerintah mudah-mudahan kita dapat kembali mengulang sukses serupa tahun depan”, harap Dewi Korina.(d0d)

Teks Foto : Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si saat menerima piala Adipura dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono

Sumber: http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=4064&Itemid=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar