Senin, 21 Juni 2010

Monitoring Otonomi Awards 2010 Dimulai

Rabu, 07 April 2010
Kedatangan Wawan Sobari, duta JPIP (The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi) hari rabu (31/03) ke Kota Probolinggo bermaksud untuk menggali dan mendata inovasi-inovasi baru dari Pemerintah dalam mendukung Otonomi Daerah yang dituangkan dalam ajang Otonomi Award.

Kunjungan pertama duta JPIP bersama tim dari Bappeda ke Dinas Tenaga Kerja dengan bahasan utamanya adalah masalah penanggulangan pengangguran dengan teori pemandu wira usaha, merekrut wirausaha yang sudah berjalan maupun yang masih merintis untuk kemajuan usaha dengan memberikan motivasi dan inovasi sehingga dapat membangun suatu menejemen usaha yang bagus.

Kemudian dilanjutkan menuju Dinas Pertanian yang di terima oleh Kasubdin. Peternakan, Suharyono. Titik berat pada bahasan ini adalah pada Ternak sapi limosin dan PO serta tentang perkebunan anggur Probolinggo. Selanjutnya, di Humas dan Protokol yang dipandu oleh Kasubag Sandi, Aries Santoso, membicarakan tentang sosialisasi program – program Pemerintah Kota Probolinggo dalam pendekatan dengan masyarakat melalui cangkrukan dan Laporo Rek di Chanel Suara Kota,101,7 FM.

Perjalanan masih berlanjut ke Dispobpar. Semipro yang muncul pada tahun 2009 merupakan bahasan yang diangkat oleh dinas ini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat Kota Probolinggo sehingga dijadikan agenda tahunan. Kemudian perjalanan tim mengarah ke kantor Pemberdayaan Masyarakat yang berlokasi di ujung sebelah timur Kota Probolinggo. Kantor ini memiliki program untuk memudahkan pendataan penduduk Kota Probolinggo, dengan melibatkan unsur RT, RW, dan BPS sehingga pertumbuhan penduduk dapat tercover.

Pada tahun 2004 Kota Probolinggo meraih Otonomi Award untuk kategori daerah dengan profil menonjol dalam performa politik. Tahun 2009, Kota Probolinggo meraih kembali Otonomi Award untuk kategori daerah dengan terobosan inovatif bidang pemberdayaan ekonomi lokal, sedangkan untuk daerah dengan terobosan inovatif bidang pelayanan kesehatan, daerah dengan terobosan inovatif bidang pelayanan administrasi dasar, daerah dengan profil menonjol bidang akuntanbilitas publik, daerah dengan profil menonjol bidang partisipasi publik, dan daerah dengan terobosan inovatif bidang pengelolaan lingkungan hidup mampu meraih predikat nominasi.

Sumber : http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=189

Tidak ada komentar:

Posting Komentar