Rabu, 23 Juni 2010

Lomba Foto, Ada Ariel-Luna

[ Rabu, 23 Juni 2010 ]

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pemkot untuk menyemarakkan Semipro adala lomba foto hewan kesayangan, kontes kucing, dan kontes sapi potong. Kemarin (22/6), dimulai penjurian lomba foto hewan kesayangan di kantor Dinas Pertanian.

"Pengumpulan foto sudah sejak bulan April lalu, terakhir dikumpulkan 17 Juni," kata koordinator lomba Retno Wandansari. Sedikitnya ada 136 foto yang masuk ke meja panitia. Para fotografernya berasal dari beberapa daerah seperti Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, dan Situbondo.

Menurut Retno, baru kali ini Dinas Pertanian yang didalamnya ada bidang peternakan menggelar lomba foto hewan kesayangan. Sebab, selama ini dinasnya hanya terfokus pada ternak produksi.

"Lalu kami membuat lomba foto hewan kesayangan untuk mengetahui potensi pet animal yang ada di Kota Probolinggo khususnya. Hasilnya lumayan, ternyata banyak masyarakat yang punya hewan kesayangan dan mengikuti lomba ini," tuturnya.

Juri lomba foto Kabid Peternakan drh Suharyono dan dua orang dari Probolinggo Photoclub Sandy Haryono dan Agus Salim. Pemenang lomba foto bakal diumumkan Sabtu (26/6) di GOR Kedopok.

"Kriterianya harus memenuhi grade nilai, fokus, sesuai dengan tema, ekspresi dan corak warna. Ukurannya harus 5R, tapi ternyata banyak yang tidak sesuai dengan ukuran yang ditentukan panitia," ungkap Sandy.

Ratusan foto yang dipampang itu menunjukkan berbagai objek hewan peliharaan yang ekspresif. Kebanyakan hewan kesayangan jenis kucing. Beberapa jenis hewan lain seperti kelinci, kura-kura, ikan, monyet, anjing, ayam, burung hingga iguana.

"Ada foto yang berjudul Ariel-Luna, kalau tidak salah foto kelinci atau kucing yang sedang kawin diberi judul itu," celetuk Retno. Sayangnya judul foto itu ada di belakang foto yang sengaja ditutup agar identitas peserta tidak diketahui oleh juri.

Selain pengumuman pemenang, tanggal 25 Juni juga diadakan kontes sapi potong di tempat yang sama. Tanggal 27 Juni kontes kucing di alun-alun diikuti sekitar 83 peserta.

Untuk kontes kucing ada kategori anak dan dewasa. Sedangkan kriteria penilaiannya kesehatan (bulu, mata, gigi) dan fashion cat. Kontes sapi potong juga ada beberapa jenis, sapi potong induk PO (peranakan ongole), inseminasi buatan dan sapi kereman.

"Kontes sapi sekitar 80 peserta. Di GOR Kedopok juga akan dilaksanakan exibition untuk kambing PE (peranakan etawa), kami bekerjasama dengan paguyuban," jelas Retno kepada Radar Bromo. (fa/nyo)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=165971

Tidak ada komentar:

Posting Komentar