Rabu, 23 Juni 2010

Kenalkan Wisata, Gelar Jambore

[ Rabu, 23 Juni 2010 ]
GENDING - Berbagai cara dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo untuk meningkatkan gairah wisata di daerahnya. Salah satunya melalui jambore wisata yang digelar di lapangan wisata Pantai Bentar, Minggu (20/6).

Acara ini bertujuan mengenalkan potensi wisata pada generasi penerus. "Karena itu tahun ini kami khususkan pesertanya adalah anak SD, agar mereka sadar sejak dini akan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Probolinggo," beber ujar Herli Suefrianto, kabid kepariwisataan.

Selama jambore, semua kegiatan dikemas dalam bentuk outbond. Tujuannya untuk mengenalkan bahwa pantai Bentar juga bisa dipakai untuk outbond. "Ke depan pantai bentar akan dilengkapi dengan wahana outbond," jelasnya.

Peserta jambore sendiri ada 72 kelompok dari berbagai sekolah dasar di kabupaten. Terdiri dari dua siswa dan satu Pembina dari tiap kecamatan. Tahun ini tema jambore wisata, yakni "Dengan sapta pesona, hijaulah objek wisataku."

Selama jambore peserta dibagi menjadi 6 kelompok. Satu kelompok terdiri dari 8 siswa dan 4 pembina. Mereka mengikut beragam kegiatan selama jambore. Agenda pertama, adalah lomba green up. Yakni melakukan aksi kampanye menanam sejumlah pohon di beberapa titik oleh tiap kelompok.

Selanjutnya digelar beberapa lomba yang mengutamakan kerja sama kelompok dan ketangkasan. Misalnya, memasukkan paku ke botol. (mie/hn)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=165966

Tidak ada komentar:

Posting Komentar