Rabu, 23 Juni 2010

69 Stand di Protex dan KIM

[ Rabu, 23 Juni 2010 ]
Sama seperti event sebelumya, Semipro kali ini juga bakal diramaikan gelaran Protex (Probolinggo Tourism Expo). Selain itu ada juga pameran produk unggulan di KIM (kelompok informasi masyarakat).

Pameran produk unggulan dan beragam informasi pariwisata di Jawa Timur itu bisa dinikmati masyarakat sejak 26 Juni hingga 3 Juli. Dua pameran itu (Protex dan KIM) digelar terpisah. Protex di sisi utara alun-alun sedangkan KIM di areal GOR A Yani Jl Dr Sutomo.

Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Koperindag) Pemkot Probolinggo sebagai leading sector acara sudah mengundi nomor stand untuk partisipan. Kabid Koperasi dan UKM Murtojo menyatakan, pengundian sudah dilaksanakan Senin (21/6) lalu. Untuk Protex disediakan 49 stand sedangkan KIM 30 stans khusus untuk UKM dan PKL (pedagang kaki lima).

"Di Protex macam-macam yang mengisi standnya. Ada dari UKM, travel, instansi, komputer, sampai aksesoris. Juga diikuti dari Jawa Timur dan beberapa daerah seperti Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo," kata Murtojo.

Stand peserta Protex yang sudah memiliki nomor juga diisi PHRI (persatuan hotel restoran Indonesia) dari Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Batu hingga Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.

"Jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu. Teknisnya nanti ada tenda tertutup, diberi AC dan lantai dibuat lebih tinggi untuk menghindari banjir kalau hujan. Kalau di GOR A Yani itu untuk KIM, kami siapkan 30 stand untuk UKM dan PKL. Misalnya nanti kurang, kami sudah ready dengan 60 tenda," jelasnya.

Murtojo bilang, UKM yang mengisi di Protex diusahakan berbeda dengan di KIM. "Diusahakan berbeda antara yang satu dengan yang lain, biar ada pemerataan. Memberi kesempatan yang lain yang ingin ikut tampil. Rencananya KIM nanti produk unggulan mamin (makanan minuman), Protex khusus produk barang," ujarnya lagi.

Ketika pameran berlangsung, Dinas Koperindag bakal melakukan evaluasi terhadap produk yang dijual. Kedua pameran dimulai tanggal 26 Juni, H-1 (25/6) semua peserta pameran sudah diminta untuk prepare (bersiap-siap). Di KIM juga melibatkan UKM dari Tanggulangin, Jombang, dan Forda UKM Kota Probolinggo.

Diimbau kepada peserta stand, agar tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk menaikkan harga jual. "Ini untuk mempromosikan produk unggulan yang ada di Kota Probolinggo," ujar Murtojo. (fa/nyo)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=165970

Tidak ada komentar:

Posting Komentar