Jumat, 07 Mei 2010

Launching Citarum Kampung Cyber

[ Jum'at, 07 Mei 2010 ]

PROBOLINGGO
- Kota Probolinggo kini punya dua kampung cyber. Setelah Sumbertaman, Rabu (5/5) malam digelar launching Citarum Kampung Cyber. Launching tersebut dikemas dalam acara cangkrukan wali kota bersama muspida dan kepala satuan kerja (satker) di Jl Citarum, Kelurahan Curahgrinting.

Menurut Kepala Bappeda Budi Krisyanto, ide kreatif ini muncul dari masyarakat di Citarum. "Semoga warga Citarum bisa memanfaatkan kampung cyber. Diharapkan ke depannya kampung cyber bisa menyebar di seluruh kelurahan. Jika satu tahun hanya satu kali, maka perlu 29 tahun (jumlah kelurahan 29) untuk membuat kampung cyber. Bila perlu setiap tahun ada 3 sampai 4 kampung cyber," katanya saat memberikan sambutan.

Pengukuhan pengurus kampung cyber dilakukan oleh Wali Kota Buchori. Ia menyampaikan pengurus bisa memanage kampung cyber dengan baik. "Mudah-mudahan sukses karena kampung cyber ini menjadi percontohan bagi kelurahan lain dalam mengembangkan teknologi komunikasi dan menggali potensi lokal," ujar Wali Kota.

Setelah mengukuhkan, Buchori menekan tombol enter sebagai tanda telah dilaunching Citarum kampung cyber, kawasan hot spot Citarum Kampung Cyber Probolinggo.

Pemred Citarum Kampung Cyber Novi Budilaksono mengatakan ide membuat kampung cyber di daerah tempat tinggalnya memang muncul dari masyarakat setempat. Dimana banyak masyarakat yang membutuhkan akses internet.

"Kalau hanya internet saja kan rugi. Akhirnya bagaimana kami kembangkan menjadi website. Unek-unek itu kami sampaikan ke Bappeda dan akhirnya mendapat fasilitas sampai menjadi kampung cyber," tuturnya.

Ide tersebut sebenarnya sudah muncul beberapa tahun lalu. Tapi, saat akan ditindaklanjuti selalu gagal karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM). Dari Bappeda, Citarum kampung cyber mendapatkan jalur internet, perangkat infrastruktur, hotspot outdoor dan website.

Novi masih belum tahu berapa orang warga yang bakal menikmati fasilitas tersebut. "Nanti ada ID-nya. Pendataan belum kami lakukan tapi survei sudah. Melalui website kami semua bisa menyalurkan ide dan informasi," terang pria berkacamata itu.

Di tengah acara cangkrukan, masyarakat menyediakan tempat khusus mereka yang ingin mencoba fasilitas hotspot melalui laptop. Di sisi barat tenda, sekelompok anak muda, termasuk pengurus Citarum kampung cyber sedang asyik ngenet. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=157010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar