Jumat, 07 Mei 2010

DPP Pilih Eddy

[ Jum'at, 07 Mei 2010 ]
Jadi Ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan

PROBOLINGGO - Kekosongan jabatan ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan berakhir. DPP PDIP telah mengambil sikap. Dari dua kandidat yang ada, DPP telah memilih Eddy Paripurna.

Itu tertuang jelas dalam surat dari DPP PDIP yang dikirimkan kepada Korwil PDIP Pasuruan-Probolinggo Buchori. Surat itu menyatakan DPP memutuskan memilih Eddy Paripurna sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan.

Buchori kepada Radar Bromo kemarin (6/5) menyatakan telah menerima surat itu pada Rabu (5/5) sore. "Isinya Eddy Paripurna terpilih sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan. Langkah selanjutnya, saya sebagai korwil diperintah untuk menggelar konfercab PDIP lanjutan," terang Buchori yang kini menjabat Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Otonomi Daerah dan Pemerintahan.

Diketahui, konfercab DPC PDIP Kabupaten Pasuruan 31 Januari lalu tak berhasil memilih ketua definitif. Sebab, ada dua kandidat yang mendapat dukungan sama kuat. Yakni Eddy Paripurna (kini juga menjabat Wakil Bupati Pasuruan) dan Subriyanto.

Dalam konfercab itu, perolehan suara untuk Eddy dan Subriyanto draw. Di kabupaten Pasuruan ada 24 PAC PDIP. Nah, Eddy yang juga incumbent ketua DPC dalam konfercab itu mendapat dukungan dari 12 PAC. Lalu Subriyanto ternyata juga mendapat dukungan 12 PAC.

Kebuntuan itu membuat DPD mengambil alih DPC sampai ada keputusan tetap dari DPP. DPP harus turun tangan dalam menangani masalah ini karena keduanya tidak mau mengalah dan tidak bisa membahas secara baik-baik.

Antara Eddy dan Subriyanto juga sempat dipanggil oleh DPD, supaya keduanya islah. Tapi, tetap saja tidak ada titik temu. Batas waktu rembugan yang diberikan oleh DPD juga nihil. Terlewatinya konferda dan kongres, keputusan siapa ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan juga belum ada.

Kini telah turun surat dari DPP yang menjadi solusi atas masalah PDIP di Kabupaten Pasuruan. Surat DPP PDIP nomor 045/IN/DPP/V/2010 itu ditandatangani Sekjen DPP PDIP Cahyo Kumolo. Dalam surat itu disebutkan DPD segera melaksanakan konfercab lanjutan dan melantik pengurus DPC PDIP Kabupaten Pasuruan.

"Setelah turun surat dari DPP ini, tinggal konfercab lanjutan untuk menyusun formatur pengurus dan program-program di komisi ke depannyta seperti apa," ungkap Buchori yang juga Wali Kota Probolinggo.

Bagaimana Eddy bisa terpilih? Apakah ada kaitannya dengan persoalan hukum yang dihadapi Subriyanto (kasus dugaan penipuan duit) saat ini? "Lepas dari permasalahan tersebut. Itu (memilih Eddy) adalah kewenangan dari DPP," jawab Buchori.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah, Eddy Paripurna mengaku belum mengetahui secara resmi pemberitahuan mengenai hal tersebut. "Secara resmi saya belum tahu. Kabar burungnya memang begitu. Intinya kalau memang diberi amanat oleh DPP, maka saya siap untuk melaksanakan tugas," ucap Eddy kemarin. (fa/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=157025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar