Selasa, 28 September 2010

Khofifah: Silakan Sowan ke Bupati

[ Selasa, 28 September 2010 ]
PROBOLINGGO- Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa siang kemarin (27/9) hadir di Probolinggo. Ia hadir dalam pelantikan dan halal bihalal PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo.

Dalam acara yang digelar di pendapa bupati itu Khofifah didampingi ketua DPW Muslimat NU Jawa Timur Masruroh Wahid.

Dalam kesempatan ini, Khofifah menceritakan pengalamannya ke Nigeria beberapa bulan yang lalu. Di negara ini, Khofifah menghadiri pertemuan para menteri pendidikan sedunia. "Saya sempat bingung mengapa Muslimat diundang dalam pertemuan para menteri pendidikan itu," ujarnya.

Ia kemudian mengungkapkan, Muslimat diundang berkat program pengentasan buta huruf di kalangan masyarakat yang dilakukan salah satu badan otonom NU ini. Program yang dimaksud Khofifah yakni program Keaksaraan Fungsional (KF). "Ini berkat kerja ibu-ibu. Di sini ada program KF kan?" tanyanya.

Tidak hanya sampai di situ. Menurutnya pada pertemuan selanjutnya, Muslimat NU ditunjuk menjadi tuan rumah oleh badan PBB yang menangani pendidikan yakni UNESCO. "Jadi, dari sekarang DPC siap-siap belajar bahasa Inggris," ujar Khofifah disambut tawa ibu-ibu Muslimat.

Selain itu, mantan menteri di era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid ini meminta DPC Muslimat NU terus menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah. Apalagi, dikatakan Khofifah, Kabupaten Probolinggo juga dipimpin oleh bupati yang juga dari NU.

"Bila ada apa-apa, Bupati Hasan ini akan sowan ke para kiai dan ibu nyai meminta doa. Lalu bila panjenengan mempunyai program, sowan saja ke bupati untuk meminta...?" ujar Khofifah diiringi tawa undangan yang hadir.

Hal yang sama disampaikan oleh ketua DPW Muslimat NU Jatim Masruroh Wahid. Ia mengimbau pengurus DPC yang baru bersinergi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Sinergi itu dilakukan antar pengurus dengan pemerintah daerah. "Saya yakin bupati tidak akan membiarkan Muslimat berjalan tertatih," ujarnya.

Dalam pantauan Radar Bromo, Khofifah tiba ke tempat acara sekitar pukul 14.00 WIB. Selain Khofifah, di kursi depan duduk Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin bersama istri Tantri Hasan Aminuddin, serta ketua DPW Muslimat NU Jatim Masruroh Wahid.

Usai acara pembukaan seremonial dilakukan, Masruroh Wahid kemudian membacakan Surat Keputusan (SK) DPP Muslimat NU tentang kepengurusan DPC Muslimat di Kabupaten Pasuruan periode 2010 sampai 2015 nanti. Di sini, istri bupati yakni Tantri Hasan Aminuddin menjadi ketua dewan penasehat DPC. Sementara yang menjadi ketua harian adalah Arifah Hasan.

Sebanyak kurang lebih 37 orang pengurus DPC Muslimat yang tertera dalam lampiran SK yang dibacakan satu persatu maju ke depan. Termasuk di dalamnya Tantri Hasan Aminuddin yang menjadi ketua dewan penasehat.

Selanjutnya, para pangurus baru ini mulai dilantik oleh DPW Muslimat NU Jatim. Para kader muslimat yang hadir diminta berdiri ketika kalimat pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh ketua DPW Masruroh Wahid.

Sebelum menghadiri pelantikan DPC Muslimat di Kabupaten Probolinggo, Khofifah sebelumnya juga menghadiri acara serupa di Kota Probolinggo. (qb/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=181647

Tidak ada komentar:

Posting Komentar