Sabtu, 03 Juli 2010

Hibah Buku, hingga Undian Pustakawan

[ Sabtu, 03 Juli 2010 ]
Olimpiade Kepustakaan Perpusda Dimulai

KRAKSAAN - Minat baca masyarakat, khususnya di Kabupaten Probolinggo cukup memprihatinkan. Bahkan yang lebih suka tayangan elektronik dibanding membaca buku. Terutama tayangan hiburan yang tak nyata manfaatnya.

Demikian diungkap Ny Tantri Hasan Aminuddin saat membuka olimpiade kepustakaan 2010, Kamis (1/7) di aula Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Probolinggo. Dikatakan Tantri, masih banyak masyarakat yang suka nonton tayangan gosip. Intensitasnya bahkan cukup memprihatinkan. Yakni lebih banyak jam yang terbuang. "Sukanya nonton sinetron. Sampai lupa baca. Bahkan lupa pada kegiatan lain," ujar Tantri disambut tawa hadirin.

Dalam pantauan Radar Bromo, tak hanya Tantri yang hadir. Juga ada Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin, seluruh kepala cabang Dinas Pendidikan se Kabupaten Probolinggo dan sejumlah pustakawan.

"Nunggu hasil undian, Mas," sebut Amin, seorang peserta. Undian yang dimaksud adalah bagi pustakawan. Pustakawan mendapat kupon yang diakumulasi dalam jumlah tertentu. Jumlah kupon tergantung pada intensitas kehadiran di perpusda. "Ini untuk menarik minat masyarakat," ujar Bambang Soemanto, kepala Perpusda.

Tak hanya undian yang dilakukan. Menurut Bambang, pihaknya juga membuat pin pelopor. Pin tersebut diberikan kepada pustakawan dan tokoh masyarakat. Terutama untuk mempengaruhi minat baca masyarakat. "Jumlah (yang kami buat) cukup banyak," sebut Bambang.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penyerahan buku hibah dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Hibah diberikan kepada 3 desa/kelurahan. Yakni Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas; Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar dan Kelurahan Kandangjati Kulon, Kecamatan Kraksaan. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh perwakilan dari badan propinsi tersebut.

Jumlah buku yang dihibahkan ada 500 judul. Setiap judul diberikan dua eksemplar buku. Jadi jumlahnya 100 eksemplar. Pada hadirin, panitia juga menyampaikan laporan perkembangan jumlah buku hibah.

Hingga kemarin, buku hibah yang terkumpul ada 650 judul. Jumlah tersebut didapat dari pustakawan. Kemungkinan bertambah cukup besar. Sebab, kegiatan tersebut masih berlangsung hingga akhir bulan.

Sementara kepada Radar Bromo Bambang mengatakan, ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan pada olimpiade itu. Pada 10 Juli misalnya, ada jalan sehat. Even itu merupakan bekerja sama dengan BLH Kabupaten Probolinggo. "Untuk merayakan keberhasilan mempertahankan Adipura," tutur Bambang.

Selanjutnya, yakni seminar terbuka. Seminar ini kata Bambang, akan mendatangkan beberapa narasumber. Di antaranya, Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf dan anggota DPR RI Komisi IX Harbiah Sholehuddin. "Nanti akan kami beritahukan lagi," pungkasnya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=167845

Tidak ada komentar:

Posting Komentar