Sabtu, 03 Juli 2010

Apeksi Bahas Reformasi Birokrasi

[ Sabtu, 03 Juli 2010 ]
Dan Lingkungan Hidup Perkotaan

PROBOLINGGO - Rapat Koordinasi (rakor) Komisariat Wilayah (komwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) sudah dibuka, kemarin (2/7). Ada dua isu yang dibahas dalam rakor ke 7 kali ini, yakni reformasi birokrasi dan lingkungan hidup perkotaan.

Pembukaan rakor dihadiri oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Wali Kota Probolinggo Buchori, Direktur Apeksi dan Ketua Komwil IV Daniel Adoe. Mewakili panitia, Sekda Kota Probolinggo Johny Haryanto menyampaikan laporan dalam rakor yang digelar di hotel Bromo View itu. Johny mengatakan rakor ini akan membahas permasalahan dan memberikan solusi kaitannya dengan reformasi birokrasi dan lingkungan hidup perkotaan.

"Serta menyusun program kerja dan persiapan rakernas Apeksi yang akan diselenggarakan di Bandung. Termasuk menentukan pelaksanaan rakor Apeksi pada tahun 2011 mendatang," jelas Sekda.

Sekitar 127 orang yang mengikuti rakor antara lain dari Apeksi pusat, pengurus komwil IV, 13 wali kota serta delegasi dan satuan kerja (satker) di lingkungan pemkot Probolinggo. Nantinya setelah melaksanakan kegiatan pokok semacam diskusi dan sidang, peserta rakor akan mengikuti kegiatan tambahan.

Hari ini bakal digelar penanaman pohon persahabatan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP), serta kunjungan lapangan ke particle board PT KTI, TWSL (Taman Wisata Studi Lingkungan) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Malam harinya ada pembacaan hasil rakor dan menyaksikan malam kesenian puncak Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo).

Ketua Komwil IV Daniel Adoe, dalam sambutannya mengatakan pemberdayaan birokrasi dan reformasi birokrasi menuju ke good governance. "Upaya pembentukan struktur birokrasi yang lebih baik melalui rakor ini. Harus dilakukan perubahan mainstreem untuk mindset birokrat yang profesional. Isu yang tidak kalah penting yaitu tentang lingkungan hidup perkotaan. Semoga acara ini bukan seremonial semata, tapi bisa memberi nilai lebih untuk pemerintah," katanya.

Pembukaan rakor Apeksi ini ditandai pengetukan palu oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Selanjutnya peserta rakor mengikuti diskusi panel tentang "Pemberdayaan birokrasi dan reformasi birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerahmenuju good gorvernance" dengan narasumber Deputi Bidang Program dan Reformasi Birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Ismail Muhammad.

Juga ada diskusi tentang "Inovasi pemerintah kota dalam pengelolaan linhkungan berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat", dibawakan oleh Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Perkotaan Kementerian Lingkungan Hidup Bambang Widyantoro. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=167851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar