Jumat, 04 Juni 2010

Tiga Tidak Lulus Unas Ulang

[ Jum'at, 04 Juni 2010 ]
PROBOLINGGO - Besok (5/6) hasil ujian nasional (unas) ulangan tingkat SMA yang digelar Mei lalu akan diumumkan. Mereka yang masih tidak lulus pada unas ulang ini selanjutnya harus mengikuti ujian kejar paket C bila ingin mempunyai ijazah.

Berdasar informasi dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Probolinggo kemarin (4/6), diketahui ada tiga siswa yang tidak lulus unas ulang. Satu dari SMA swasta dan dua dari MA swasta.

Sedangkan, siswa SMK yang ikut unas ulang semuanya lulus. "SMK lulus semua. Hanya dari SMA dan MA ada yang tidak lulus," ujar Kepala Dispendik Maksum Subani kemarin.

Diketahui, di Kota Probolinggo ada 147 siswa yang tidak lulus unas utama. Pada 10 Mei, sebanyak 146 siswa mengikuti unas ulangan. Ada seorang siswa mengundurkan diri alias tidak mengikuti unas ulangan.

Yang tidak lulus unas utama itu dari SMK sebanyak 53 pelajar dan 93 siswa dari SMA dan MA. Selanjutnya mereka mengikuti unas ulang dengan proses yang sama dengan unas utama.

Sebelumnya, dikabarkan hasil unas ulang itu akan diumumkan pada 12 Juni nanti. Tapi, kemudian dimajukan menjadi Sabtu (5/6). Nah, berkaitan dengan unas ulangan itu kemarin (3/6) Dispendik Kota Probolinggo diundang oleh Dispendik Jatim. Hasilnya, diketahui kalau ada tiga orang siswa tidak lulus.

Pengumuman hasil unas ulang diajukan, salah satu tujuannya untuk memberi kesempatan lebih panjang kepada para peserta mempersiapkan diri mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN).

Selanjutnya, menurut Maksum, pengumuman resmi hasil unas ulang akan dilakukan pada Sabtu (5/6) pukul 10.00. Dan hari ini Dispendik memanggil para kepala sekolah yang bersangkutan. Kepada mereka akan diserahkan hasil unas ulang itu untuk disampaikan kepada para muridnya. "Mekanismenya sama seperti pada unas utama," jelasnya.

Maksum berharap, mereka yang tidak lulus unas ulang agar tidak putus asa. Sebab, mereka masih bisa mengikuti ujian kejar paket C. "Itu (kejar paket C) juga sudah disediakan oleh dinas melalui PLS (pendidikan luar sekolah)," ujarnya. (rud/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=162356

Tidak ada komentar:

Posting Komentar