Jumat, 04 Juni 2010

Mulai Siapkan Pilkada 2013

[ Jum'at, 04 Juni 2010 ]

Akan Kirim Kebutuhan Dana ke Dewan

KRAKSAAN - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Probolinggo masih sekitar dua tahun lagi. Namun, KPU Kabupaten Probolinggo tidak mau ambil resiko. Sejak beberapa waktu lalu, KPU sudah menyiapkan perangkat kerja Pilkada 2013.

Anggota KPU Kabupaten Probolinggo Mohammad Zubaidi mengatakan, Pilkada akan dilaksanakan pada awal 2013. Sementara saat ini sudah pertengahan 2010. "Jadi waktu kita hanya 2,5 tahun," kata Zubaidi.

Beberapa persiapan yang dilakukan KPU menurut anggota KPU lainnya, Jakfar Shodiq, yakni pemberitahuan kebutuhan dana Pilkada. "Sebab Pilkada berasal dari APBD," katanya.

Jakfar mengatakan, pihaknya akan mengirimkan pemberitahuan anggaran Pilkada pada DPRD Kabupaten Probolinggo. Tujuannya agar DPRD membahas anggaran Pilkada. "Karena Pilkada membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi harus diberitahukan jauh sebelumnya," lanjutnya.

Di samping persiapan Pilkada, Zubaidi juga mengeluhkan beban KPU. Menurutnya, banyak asumsi miring pada KPU. Asumsi tersebut bermacam-macam. Salah satunya tentang kinerja KPU. "Seringkali KPU disalahkan," tukasnya.

Padahal kata Zubaidi, KPU hanyalah pelaksana undang-undang. Dia lantas mencontohkan pencoretan pasangan cabup/cawabup di beberapa kabupaten, karena alasan kesehatan.

Zubaidi mengatakan, pencoretan dilakukan bukan karena kehendak KPU. "Namun karena ada rekomendasi yang berwenang. Tapi yang kena salah malah KPU," ujar Zubaidi.

Untuk mengurangi asumsi miring tersebut kata Zubaidi, KPU berencana mengadakan seminar. Dalam seminar itu akan dibahas persoalan pemilu. Khususnya Pilkada 2013. "Jadi KPU sudah melakukan upaya persiapan," tuturnya.

Jakfar juga membenarkan pelaksanaan seminar tersebut. Menurut Jakfar, seminar tersebut dilakukan sebagai upaya merumuskan konsep baku Pilkada. Sebab, selama ini KPU tingkat kota/kabupaten sering bingung dengan undang-undang yang disahkan DPR RI mengenai Pilkada. "Yang menetapkan (undang-undang) itu DPR RI. Kami hanya melaksanakan," jelasnya.

Seminar sendiri akan mendatangkan unsur KPU pusat. KPU juga akan mengundang anggota Komisi II DPR RI Abdul Malik Haramain. Bahkan menurut Sekretaris KPU Zulkarnain, Abdul Malik Haramain dipastikan hadir.

Rencananya, seminar tersebut akan dilaksanakan pada 14 Juni 2010. lokasinya di rumah makan kampung kita, Desa Condong, Kecamatan Gading.

Menurut Zulkarnain, seminar tersebut tidak hanya akan diikuti oleh KPU Probolinggo. Namun juga KPU se tapal kuda. Yakni KPU Kota/Kabupaten Malang, Kota/Kabupaten Pasuruan, Kota/Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. "Jadi kegiatan ini untuk umum," ujar Zulkarnain. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=162348

Tidak ada komentar:

Posting Komentar