Jumat, 04 Juni 2010

Kunjungan ke Perpusda Meningkat

[ Jum'at, 04 Juni 2010 ]
KRAKSAAN - Minat baca masyarakat Kabupaten Probolinggo, khususnya di sekitar Kraksaan meningkat. Bahkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, terjadi peningkatan signifikan. Ini bisa dilihat dari data pengunjung perpustakaan daerah (Perpusda) Kabupaten Probolinggo.

Kepala Kantor Perpusda Bambang Soemanto mengatakan, meningkatnya pengunjung disebabkan beberapa faktor. Di antaranya, kesadaran membaca masyarakat yang mulai meningkat. "Menyesuaikan dengan tuntutan jaman," ujar Bambang.

Selain itu, selama ini Perpusda mengupayakan banyak langkah untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Di antaranya, menggagas program gerakan keluarga suka membaca (GKSM).

Semua upaya itu kata Bambang meraih banyak capaian. Di antaranya, meningkatnya animo masyarakat untuk membaca. "Mereka tertarik datang ke Perpusda," katanya.

Bambang lantas membebe jumlah pengunjung tahun ini. Periode Januari-April, Perpusda dikunjungi 8.700 pengunjung. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2009, terjadi peningkatan yang signifikan.

Secara rinci, yakni 2.141 pengunjung pada Januari, Februari 2.171 pengunjung, Maret 2.191 pengunjung. Sementara April dikunjungi 2.197 orang.

Bambang menargetkan, tahun ini Perpusda dikunjungi sekitar 60 ribu pengunjung. Sementara pada 2009, pengunjung Perpusda yakni 47.037 orang. "Mudah-mudahan target itu terpenuhi.

Meski demikian kata Bambang, bukan banyaknya pengunjung yang dikejar. Namun, penerapan gerakan membaca untuk seluruh masyarakat. "Tidak harus datang ke Perpusda untuk membaca," sergahnya.

Untuk itu Bambang mengatakan, Perpusda dalam waktu dekat akan mengadakan event untuk peningkatan minat baca. Yakni, olimpiade kepustakaan 2010. Pada kegiatan itu akan dilaksanakan sedikitnya 12 jenis lomba. "Tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Itu saja," ujar Bambang. (eem/hn)

Sumberl: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=162350

Tidak ada komentar:

Posting Komentar