Kamis, 24 Juni 2010

SMAN 1 Pilih Teknik Editing

[ Kamis, 24 Juni 2010 ]
Program Jurnalistik Goes to School

PROBOLINGGO - Program Jurnalistik Goes to School gelaran Radar Bromo bergulir di SMAN 1 Kota Probolinggo. Rada berbeda dengan sekolah-sekolah yang jadi peserta program ini sebelumnya, SMAN 1 memilih materi teknik editing.

Diklat itu dilaksanakan kemarin (23/6) dari pukul 08.30 sampai pukul 12.15. Puluhan peserta mengikuti materi teknik editing yang disampaikan oleh Pemred Radar Bromo Imam Wahyudi.

Tak salah bila SMAN 1 memilih materi teknik editing dalam program Jurnalistik Goes to School ini. Sebab, jurnalistik sudah menjadi bagian dari aktivitas yang mengakar kuat di sekolah tersebut. Ini ditunjukkan dengan adanya majalah sekolah bernama Lentera yang eksistensinya relative terjaga dengan baik.

Dalam diklat kemarin pesertanya juga sebagian besar adalah tim redaksi Lentera. Karena itu mereka bisa langsung nyambung ketika materi teknik editing disampaikan. Diklat ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan jurnalistik tim redaksi Lentera, sekaligus meningkatkan kualitas produk Lentera.

Yudi, panggilan Imam Wahyudi, dalam diklat tersebut membagi acara jadi dua sesi. Sesi pertama selama satu setengah jam, Yudi mengenalkan prinsip-prinsip editing dan bagaimana idealnya kinerja seseorang yang bertugas menjadi editor atau redaktur.

Banyak terjadi diskusi di sesi tersebut. "Apa yang harus dilakukan redaktur kalau menghadapi naskah berita yang kurang?" tanya seorang peserta laki-laki.

"Mas, bagaimana dengan media elektronik. Apakah juga ada redakturnya. Kalau juga ada, apa perbedaan kerjanya dengan redaktur media cetak?" tanya peserta lain yang perempuan.

Sesi kedua, para peserta diajak berpraktik. Semua diminta membuat berita untuk kemudian dijadikan bahan praktik editing yang baik. Mulai dari pembuatan judul, memilih angle, membuat lead, kelengkapan berita, sampai pembuatan paragraph, pembuatan kalimat, pemilihan diksi dan terminologi yang tepat. (rud/yud)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=166173

Tidak ada komentar:

Posting Komentar