Rabu, 08 September 2010

Rest Area Tongas Segera Berbenah

Reporter : Dody Kasman

TONGAS - Rest Area Tongas yang pada awal pembangunannya digadang-gadang sebagai tempat singgah sementara penggguna jalan yang melintasi wilayah Kabupaten Probolinggo, ternyata belum menampakkan perannya secara makasimal.

Meskipun berlokasi di jalur Pantura yang padat lalu lintas kendaraan, namun pengguna jalan yang melintas jarang memanfaatkan fasilitas peristirahatan yang ada. Tak hanya itu, stan-stan yang tersedia masih banyak yang kosong dan hanya beberapa saja yang sudah dimanfaatkan oleh pedagang.

Sebenarnya hampir seluruh stan di rest area tersebut sudah dimiliki pedagang. Mereka baru membuka toko dan menjual dagangannya saat ada event besar yang di gelar ditempat tersebut.

Menanggapi kondisi yang kurang menggembirakan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Hadi Prayitno mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan perubahan dan pembenahan. “Saat ini kami sedang mengkaji permasalahan terkait fasilitas dan pendapat masyarakat terhadap konsep rest area Tongas kedepan”, ujarnya.

Terkait fasilitas, akan segera dilakukan penertiban stan yang tidak produktif dan jarang beroperasi.”Stan yang tidak produktif dan jarang buka akan kami tarik kembali”, tegas Hadi.

Untuk mencegah mangkraknya stan akibat jarang dimanfaatkan pedagang, nantinya akan dilakukan seleksi terhadap calon pedagang. Harapannya, mereka yang menempati stan-stan tersebut benar-benar serius berdagang dan tidak hanya musiman.

Fasilitas lain yang medapat perhatian adalah toilet umum yang tidak semuanya berfungsi dengan baik. Dari 12 toilet yang ada, hanya 6 unit yang dapat digunakan. Itupun tak ada pembeda antara toilet laki-laki dan perempuan.

Fasilitas parkir untuk kendaraan besar seperti bus dan truk juga dikaji. Selama ini kebanyakan sopir kendaraan besar tersebut enggan untuk singgah sebab pintu masuk rest area tak terlalu lebar sehingga agak menyulitkan mereka saat akan parkir.

Untuk itu pagar tembok bagian depan akan segera dibongkar sehingga bus dan kendaraan besar lainnya dapat langsung menuju areal parkir tanpa harus terhalang pintu masuk yang cukup mengganggu.

Sebenarnya rest area Tongas sudah mulai melakukan penambahan fasilitas dengan didirikannya Samsat Payment Point. Dalam waktu dekat ini kembali akan dilakukan penambahan fasilitas perbankan dengan ditempatkannya kantor cabang pembangtu Bank Jatim. ”Dengan penambahan fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan pengguna jalan yang singgah dan masyarakat sekitar yang datang berkunjung”, harap Hadi Prayitno.

Hadi mengatakan, beberapa perubahan dan pembenahan tersebut akan di realisasikan pada tahun anggaran 2011 yang akan datang. ”Saat ini masih kita kaji dan pelajari terlebih dahulu. Tahun depan mudah-mudahan dapat segera terealisasi dengan dukungan anggaran yang memadai dan bantuan satuan kerja lintas sektor terkait”, pungkasnya. (d0d)

Sumber: http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=4468&Itemid=92

Tidak ada komentar:

Posting Komentar