Senin, 26 Juli 2010

POSSI Gelar Diklat Selam

[ Senin, 26 Juli 2010 ]
PROBOLINGGO - Setelah dikukuhkan beberapa bulan lalu, Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Probolinggo akhirnya menggelar event. Diklat selam bakal digelar enam hari, meliputi teori, praktik kolam, dan praktik laut.

Pembukaan diklat selam dilaksanakan Jumat (23/7) di ruang pertemuan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat. Dihadiri oleh Wali Kota Buchori, Wawali Bandyk Soetrisno, Ketua KONI Heru Jhudiarto, dan Ketua Pengkot POSSI Wirasmo.

Ketua panitia diklat, dr Taufik mengatakan diklat selam dilaksanakan untuk memberi pengetahuan dan keterampilan dalam menyelam menggunakan snorcle dan scuba. Diklat teori bertempat di kantor DKP.

"Dilanjutkan praktik selam di kolam selama dua hari di kolam TRA (taman rekreasi anak). Setelah di kolam di laut lepas yang akan dilaksanakan di pasir putih, Situbondo pada 30 Juli sampai 1 Agustus," ujar dr Taufik.

Untuk peralatan selam sudah dipersiapkan oleh para penyelam. Instruktur selam sudah bersertifikat dari POSSI wilayah Jawa Timur. Peserta diklat perdana bagi POSSI kota ini terdiri dari 15 orang. 2 di antaranya dari Batu, 2 peserta lagi dari Surabaya dan sisanya dari Kota Probolinggo.

Sebelum membuka diklat, Wali Kota Buchori mengatakan olahraga selam ini bisa membantu menjaga lingkungan berkaitan penyelamatan terumbu karang. Terumbu karang merupakan ekosistem yang unik yang ada di Indonesia. Penyelamatannya bergantung pada aktivitas laut.

Soal dana, Buchori menjelaskan pemkot memberikan dana kepada 24 pengcab yang aktif melalui anggaran di KONI. Tentunya anggaran itu disesuaikan dengan anggaran yang ada. Namun sementara ini anggaran paling banyak ada di sepak bola.

"Dalam olahraga, pembinaan harus dilakukan. Latih tanding untuk mengukur sampai dimana kemampuan. Jangan di Probolinggo terus. Kalau bicara itu memang tidak lepas dari dana," kata Ketua PASI Jawa Timur ini. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=171693

Tidak ada komentar:

Posting Komentar