Kamis, 29 Juli 2010

Ngadisari Dirancang Jadi Desa Wisata

[ Kamis, 29 Juli 2010 ]
SUKAPURA-Pemkab Probolinggo berniat menjadikan Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura sebagai desa wisata. Kemarin (28/7), Bupati Hasan Aminuddin mengunjungi sejumlah lokasi di desa yang dekat dengan Gunung Bromo itu.

Bupati sempat mendatangi lokasi sulit di Dusun Seruni untuk meresmikan jembatan. " Ini merupakan sejarah, karena Pak Hasan Aminudin merupakan bupati pertama yang datang sampai ke lokasi ini," tutur Supoyo Kades Ngadisari.

Selanjutnya Hasan meresmikan rumah adat Tengger yang saat itu sedang dipakai untuk ritual mayu ilmu. Yakni ritual permohonan restu, atas lulusnya warga Tengger yang menempuh ilmu di bangku kuliah.

Setelah menyaksikan mayu ilmu Hasan menuju lokasi Penanjakan II yang jalurnya akan dibuka untuk meramaikan wisata Bromo.

Kepada koran ini Hasan menyatakan, ide desa wisata itu akan dilaksanakan dengan memanfaatkan potensi di desa. Selama ini, para wisatawan yang datang ke Bromo, hanya melihat matahari terbit tanpa mengetahui potensi wisata lainnya di desa-desa. "Wisatawan hanya datang untuk melihat sunrise, setelah itu pulang," jelas Hasan.

Bupati Hasan menyampaikan gagasan menarik soal pengembangan produk-produk hasil pertanian lokal di desa. Misalnya, buah strawberry, kentang, serta jagung yang bisa dikelola untuk memanjakan para wisatawan.

" Orang yang berkunjung pasti butuh makan juga," jelas Hasan. (d7x/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=172333

Tidak ada komentar:

Posting Komentar