Senin, 28 Juni 2010

Lomba Memancing Bandeng dan Kakap

[ Senin, 28 Juni 2010 ]
Ratusan penghobi memancing tumplek blek di Kota Probolinggo pagi kemarin. Mereka mengikuti lomba mancing di kolam milik Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) di Jl Lingkar Utara (JLU).

Acara yang digelar dalam rangkaian Semipro itu diikuti 180 peserta dari berbagai daerah. Di antaranya dari Surabaya, Malang, Pasuruan, Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

"Peserta terbanyak berasal dari Kota dan Kabupaten Probolinggo sendiri," jelas Abdul Kholiq, ketua panitia acara tersebut.

Dalam lomba mancing itu paniti menyebar 2 ton ikan bandeng dan kakap putih. Terdiri dari 800 ekor bandeng yang dijadikan maskot dan 20 ekor kakap. Ikan-ikan yang dijadikan maskot itu ada 7 ekor yang beratnya mencapai 4,2 kilogram.

"Kalau besarnya macam-macam. Ada yang besar sekali ada juga yang hanya sebesar ibu jari. Untuk maskot, beratnya minimal 1 kilo," ujar Abdul Kholiq.

Tapi, bagi para pemancing yang berutung mendapatkan ikan maskot tersebut tidak boleh dibawa pulang. Melainkan, harus dikembalikan kepada panitia dan akan mendapat ganti uang sebesar Rp 5 ribu.

"Kalau yang bukan maskot tidak apa-apa dibawa pulang. Untuk yang maskot harus dikebalikan kepada panitia," jelas Kholiq.

Menurutnya, keputusan itu diambil lantaran tidak mudah untuk membuat ikan maskot. Butuh waktu cukup lama untuk memelihara ikan sampai sebesar itu. Kurang lebih 2,5 sampai 3 tahun. "Itu, kita memeliharanya sejak masi kecil, sejak masih nener," jelas Abdul Kholiq yang menjabat sebagai Kasi Pembenihan di DKP .

Dengan adanya event tersebut, pihak DKP sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat adanya kolam berukuran 140 x 80 meter tersebut. Menurut Kholiq, di kolam itu nantinya akan sering digelar acara serupa. Bahkan sudah diagendakan untuk digelar minimal seminggu sekali.

Tapi, itu masih menunggu sampai kolam tersebut benar-benar selesai. Dan, selesainya kolam tersebut diperkirakan akan selesai Juli nanti. "Kalau kolam sudah selesai nanti akan digelar tiap Minggu," ujarnya. (rud/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=166976

Tidak ada komentar:

Posting Komentar