Senin, 28 Juni 2010

Foto Bung Karno di Probolinggo

[ Senin, 28 Juni 2010 ]
Pekan Pendidikan dan Budaya bertema Probolinggo dari Masa ke Masa menghadirkan banyak informasi dan pengetahuan. Dikemas seperti pameran, pengunjung bisa mengetahui sejarah Kota Probolinggo hingga foto-foto tempoe doeloe di museum.

Salah satu yang menarik, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Probolinggo juga punya repro foto-foto Presiden RI pertama Soekarno alias Bung Karno saat berada di kota ini tahun 1947 silam. Lebih lengkapnya bisa dilihat di stand UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar.

"Ada sekitar 92 foto yang kami pamerkan," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan setempat Sri Peni. Tidak hanya perpustakaan, sejumlah penerbit dan distributor buku pun dilibatkan dalam pameran tersebut. Nama stan yang tertera perpustakaan umum Jatim, Mizan, Serambi, Gramedia, Fatahillah, Diva Press.

Khusus pameran foto berada di tengah ruangan diantara stan-stan. Foto hitam putih itu kebanyakan repro dari arsip nasional Republik Indonesia (RI). Di sisi paling barat terdapat foto -foto wali kota Probolinggo pertama hingga sekarang dan potret gedung-gedung yang kini menjadi rumah dinas wali kota, makodim, RSUD hingga PLN.

Nah, di sketsel sisi timur dimajang foto saat zaman perang Belanda di Probolinggo. Caption foto menyebutkan foto itu menceritakan tentang agresi militer Belanda I di Probolinggo tahun 1947. Foto-foto itu bertutur tentang keberadaan Belanda di bumi Probolinggo, salah satunya di tangga menuju puncak Gunung Bromo.

Beberapa foto lain juga menampilkan gambar Bung Karno saat di Probolinggo pada 14 Mei 1957 lalu. Foto Wali Kota Probolinggo Buchori waktu kecil pun ikut jadi materi pameran. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=166978

Tidak ada komentar:

Posting Komentar