Sabtu, 26 Juni 2010

Hari Ini Dibuka, Semipro dan Pekan KIM

[ Sabtu, 26 Juni 2010 ]
PROBOLINGGO - Gawe besar Kota Probolinggo dengan acara Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo), rakor Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dan Pekan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dimulai. Hari ini diawali dengan pembukaan Semipro dan Pekan KIM.

Pembukaannya dipusatkan di gedung Museum Probolinggo atau eks gedung GBH (Graha Bina Harja) Jl Suroyo pukul 10.00. Tapi sebelumnya, pukul 08.00, digelar grand final lomba Cerdik Cermat Komunikatif di lokasi yang sama.

Namun sayang, Menkominfo Tifatul Sembiring yang dikabarkan bakal hadir membuka Semipro dan Pekan KIM justru berhalangan. Tifatul mengikuti kunjungan kerja Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke luar negeri.

"Besok (hari ini) ada empat tamu dari pemerintah pusat yang hadir mewakili Menkominfo. Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf juga hadir bersama sekitar 20 pimpinan satker di Pemprov Jawa Timur," kata Kabag Humas dan Protokol Rey Suwigtyo kepada wartawan, siang kemarin.

Tamu dari Kementerian Kominfo yang dimaksud adalah Dirjen Sarana Komunikasi Diseminasi Informasi Kementerian Kominfo Bambang Subiantoro, Staf Ahli Suprawoto, Direktur Kelembagaan Kominukasi Sosial James Pardede, Kepala Pusat Informasi Publik Hukum dan Keamanan Ismail.

"Pembukaan akan dipusatkan di museum. Provinsi sudah menyebarkan sekitar 1.500 undangan untuk menghadiri pembukaan. Persiapan juga telah dilaksanakan mulai pemasangan tenda, dekorasi dan kelengkapan lainnya," jelas Tiyok.

Sesuai jadwal acara pembukaan, setelah grand final lomba dan penyerahan lomba Cerdik Cermat Komunikatif, para undangan bakal dihibur dengan penampilan kesenian daerah Kota Probolinggo oleh Bina Tari Bayu Kencana serta fashion show batik khas Kota Probolinggo dari galeri batik Gachor. Juga bakal ditampilkan karya batik Kota Probolinggo yang memang di tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

Wali Kota Probolinggo Buchori akan memberikan sambutan selamat datang. Demikian pula Wagub Saifullah Yusuf dan dari Kementrian Kominfo juga akan memberikan sambutan. Pembukaan Pekan KIM dan Semipro ditandai dengan pemukulan kentongan dan pelepasan burung. Dijadwal pula bakal ada dialog solutif yang dipandu oleh Wagub.

Menurut Tiyok, panggilan Rey Suwigtyo, setelah seremonial pembukaan, rombongan tamu penting bakal meninjau pameran foto tempoe doeloe dan pameran buku di dalam museum. Lalu mereka ke tennis indoor ke stand pameran KIM se Jawa Timur yang diikuti dinas, provinsi, Dekranasda dan kota/kabupaten.

"Rencananya juga meninjau ke pameran IT di GOR A Yani lalu pameran produk unggulan KIM binaan Diskoperindag. Pekan KIM ini adalah momen tahunan yang diselenggarakan oleh provinsi. Ada berbagai macam lomba kaitan komunikasi masyarakat, KIM ini adalah sarananya," jelasnya lagi.

Sementara itu, petang kemarin Wali Kota Probolinggo Buchori mengaku sudah berkeliling ke beberapa lokasi pembukaan dan kegiatan lainnya. "Sudah siap-siap semua. Ini saya melihat sendiri," katanya.

Menurut pengamatannya, penataan stan pameran sudah mencapai 90 persen. Tadi malam pemilik stan sudah mengisi dan mendekorasi stan masing-masing. Beberapa tamu dari luar KIM seperti Mataram, Kupang dan Denpasar juga disediakan stand di dalam tennis indoor.

Wali kota menyatakan hari ini yang dijadwalkan akan ada dialog, nampaknya akan dibatalkan. "Dialognya nanti rencana tanggal 3 Juli, waktu penutupan Pak Gubernur akan hadir dalam penutupan. Sekarang beliaunya ke Jepang dan Perancis," ujar Buchori.

Untuk stand PKL (pedagang kaki lima) dan UKM sudah disiapkan tenda di kanan kiri GOR A Yani di Jl Dr Sutomo. "Dengan keterlibatan sponsorship di GOR A Yani juga akan digelar berbagai kegiatan. Termasuk di alun-alun, di panggung sumbangan bantuan dari KTI juga ada tampilan. Masyarakat diharapkan datang dan bisa menikmati," terangnya.

Menurut Wali Kota, potensi alam Kota Probolinggo memang tidak banyak. "Tapi, ini soal kesenian, kebudayaan dan perekonomian masyarakat yang akan bergerak," katanya. Ia pun berharap agar ekonomi lokal dapat terdongkrak dengan adanya event-event tersebut.

Ia juga menjelaskan, Pekan KIM merupakan gawe Pemprov Jatim. Kota Probolinggo hanya jadi tuan rumah. "Semipro itu kegiatan pemkot. Jadi dana KIM ini sharing antara pemprov dan pemkot, bukan sepenuhnya pemkot," ucapnya. (fa/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=166700

Tidak ada komentar:

Posting Komentar