Sabtu, 26 Juni 2010

Gus Ipul Hadiri Pembukaan KIM V 2010

Sabtu, 26 Juni 2010

Kedatangan Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur, ke Kota Probolinggo pagi ini (26/06) di jamu dengan tarian Sik lagi Nglengger yang dibawakan oleh sendra tari dan dilanjutkan dengan Fashion Show Batik oleh Galeri Chorak (GACHOR) Kota Probolinggo. Kedatangannya kali ini dalam rangka membuka secara resmi acara Pekan Komunikasi Informasi Masyarakat yang ke V.

Sambutan selamat datang dari Walikota Probolinggo, H.M. Buchori, banyak menjelaskan tentang agenda kegiatan Pekan KIM V di Kota Probolinggo. Dia jelaskan tentang lomba lari 10 K yang tadi pagi digelar, kemudian pameran Kuliner. Tak kalah menariknya acara yang digelar hari kamis (01/07) nanti, yaitu pembukaan APEKSI dengan acara Pawai Budaya. Dijelaskan pula oleh H.M. Buchori bahwa Kota Probolinggo masyarakatnya Madura Pendalungan, yaitu keturunan madura yang sudah berbaur dengan lainnya. “ Kota Probolinggo masyarakatnya pendalungan, teteapi tetap welcome terhadap tamu” terangnya.

Berbeda dengan sambutan Wakil Gubernur Jawa Timur, H.Saifullah Yusuf (alias Gus Ipul), sebagai pembuka sambutan, dia banyak bercerita tentang kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang patut ditiru, dengan diselingi joke-joke ringan yang membuat para tamu tertawa. Shidiq (dapat dipercaya), Amanah (bertanggung jawab), Fatonah (Cerdas) dan Tabligh adalah 4 cara memimpin yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Keempat cara tersebut sedang dilakoni oleh Gubernur Jatim, H. Soekarwo (atau Pak De Karwo) bersama Gus Ipul, dengan dibarengi dengan beriman dan beristiqomah, mereka berdua ingin menjadi pemimpin yang Istiqomah.

Komunikasi antar masyarakat sudah dilakukan pada jaman kepemimpinan Soeharto, Presiden RI kedua melalui Harmoko, Menteri Penerangan pada saat itu. Dikenalkanlah Kelompencapir kepada masyarakat dengan sitim Top Down. Namun seiring perkembangan jaman juga, kelompencapir mulai ditinggalkan, karena program ini tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Dan saat ini mulai dikembangkan program Komunikasi Informasi Masyarakat (KIM), dengan sistim bottom up. Ilmu dan tehnologi harus menjadi dasar untuk kemajuan kedepan. Memilih, memilah dan mengolah informasi sangat penting, dikarenakan informasi yang disampaikan saat ini banyak yang simpang siur. Komunikasi plus dibutuhkan dalam pengemasan citra diri untuk mengkomunikasikan diri. “ Pemerintahan yang kami (Pakde Karwo dan Gus Ipul ) jalankan digambarkan sebagai seorang Pilot dan Co-Pilot” terangnya. Dibunyikannya Kentongan Macan di Gedung Museum, menandakan dibukanya PEKAN KIM V tahun 2010.

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=277

Tidak ada komentar:

Posting Komentar