Rabu, 12 Mei 2010

Sosialisasi dan Pelatihan FOSS Undang Depkominfo
















Written by Administrator
Selasa, 11 Mei 2010

Free Open Source Software (FOSS) adalah Program komputer yang menyertakan sumber kode dan mengijinkan kita untuk melakukan apa saja terhadapnya tampa dikenakan biaya. Pelatihan FOSS ini merupakan acara yang diadakan oleh Bagian Dalitbang (Data Penelitian dan Pengembangan) BAPPEDA Kota Probolinggo. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin (10/5) di Ruang Puri Manggala Bhakti kantor Wali Kota Probolinggo.

Acara Sosialisasi ”Free Open Source Software” diselenggarakan dengan mendatangkan Nara Sumber dari Jakarta yaitu DEPKOMINFO (Departemen Komunikasi dan Informatika) tepatnya Ministry Of Communication And Information Technology Republik Indonesia (MCIT), oleh Pancat Setyantana yang berposisi sebagai Direktorat System Informasi Perangkat Lunak dan content, yang bertempat di Jl. Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat.

Sebagai pembuka acara FOSS yaitu oleh Wakil Wali Kota Probolinggo, H. Bandyk Soetrisno. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian ulasan singkat oleh Kepala BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembanmgunan Daerah), Budi Krisyanto. Beliau menyampaikan, tujuan diadakannya acara FOSS ini adalah supaya para birokrasi Pemerintah Kota Probolinggo bisa lebih Disiplin dan bertanggung jawab sesuai dengan TUPOKSI yang telah ditentukan sebagai pegawai yang berkarakter dan berwibawa karena pegawai dikatakan berwibawa dapat dilihat dari kinerja, Attitide serta hubungan kita dengan sesama birokrasi yang lain. Terlebih lagi pelatihan ini menyinggung mengenai Software Komputer, karena dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua Birokrasi Pemerintahan Kota Probolinggo dapat meningkatkan dan menambah lebih banyak lagi ilmu – ilmu untuk mencapai perkembangan Technologi yang seiring dengan itu semua melibatkan pekerjaan yang mana setiap titik dari tugas tersebut dituntut dapat berbaur ke bidang komputerisasi, sehingga dengan begitu pekerjaan akan terasa ringan dan cepat. Disamping melakukan pemantuan tentang alat untuk memperingankan kerja, kepala masing – masing satker juga harus selalu memeberi pengawasan dan dukungan ke anak buahnya supaya terus maju.

Dalitbang sebagai salah satu bidang di BAPPEDA yang berpropokasi dalam acara FOSS ini, Kabid Dalitbang, Aman Suryaman juga memberikan sedikit pemaparan yang tidak beda jauh dengan pengarahan yang diberikan Kepala BAPPEDA, Budi Krisyanto, yaitu salah satunya tentang keuntungan dari FOSS itu sendiri adalah legalitas dari software sehingga dengan menggunakan software ini dapat mengurangi pembajakan software di Indonesia. Kedua penghematan anggaran, keamanan software dan keamanan system. Kemudian Panca Setyantana melanjutkan dengan memberi penjelasan sedikit tentang legalitas yang begitu sangat perlu dijunjung dan dilindungi., salah satunya Software komputer. Dalam hal ini akan membahas tentang peprograman Linux. Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer, sehingga tipe Linux juga merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja

Last Updated ( Selasa, 11 Mei 2010 )

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=233

Tidak ada komentar:

Posting Komentar