Senin, 03 Mei 2010

Soal UASBN Dikirim ke Polsek

[ Senin, 03 Mei 2010 ]
KRAKSAAN - Menjelang pelaksanaan UASBN SD/MI, banyak persiapan yang harus dilakukan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo. Salah satunya, memilah naskah soal ujian di aula Polres Probolinggo, Kamis (29/4), sekitar pukul 08.00 WIB.

Kasi Sekolah Dasar Dispendik kabupaten Edi K mengatakan, pemilahan naskah merupakan rangkaian persiapan menjelang pelaksanaan UASBN. Sebelumnya menurut Edi, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pihaknya.

Pertama, mengambil naskah ujian ke kantor Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur. Proses ini dilakukan Rabu (28/4) dengan dikawal oleh Polres Probolinggo. Selanjutnya, naskah disimpan di Polres Probolinggo. "Safety terjamin," ujar Edi.

Baru kemudian memilah naskah pada Kamis (29/4). Menurut Edi, pemilahan naskah itu dilakukan untuk mempermudah pengiriman naskah ke sekolah. "Jadi pembagiannya diatur per kecamatan. Pemilahan disesuaikan dengan jumlah ruang dan sekolah penyelenggara," lanjutnya.

Proses selanjutnya dilakukan, kemarin (30/4). Yakni, pengambilan naskah oleh kepala cabang Dispendik setiap kecamatan yang juga bertindak sebagai ketua sub rayon. Naskah tersebut diambil di Polres Probolinggo.

Untuk pengambilan naskah, ketua sub rayon dikawal polsek di kecamatannya. Selanjutnya, naskah disimpan di mapolsek. Begitu tiba di mapolsek, soal-soal kembali dipilah. Pemilahan dilakukan sesuai jumlah sekolah penyelenggara dan ruang ujian di setiap kecamatan.

UASBN sendiri dijelaskan Edi, berlangsung pada 4, 5, dan 6 Mei 2010. Sementara bagi siswa yang tidak mengikuti UASBN di hari itu, dapat mengikuti ujian susulan. Pelaksanaannya pada 10, 11, dan 12 Mei 2010.

Tahun ini menurutnya, peserta UASBN SD/MI berjumlah 17.849 siswa. Sekolah penyelenggara berjumlah 965 sekolah, ruang ujian berjumlah 1.293 ruang. Sama dengan jumlah amplop ujian yang dipilah Dispendik.

Khusus untuk kebutuhan amplop Edi menjelaskan, amplop ujian terdiri dari dua jenis. Yakni amplop besar untuk ruangan yang berisi 11-20 siswa. Kemudian amplop kecil untuk ruangan berjumlah 1-10 siswa. "Disesuaikan dengan jumlah ruang dan peserta," ujar Edi. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=156245

Tidak ada komentar:

Posting Komentar