Senin, 03 Mei 2010

Klub Motor pun Peduli Lingkungan

[ Senin, 03 Mei 2010 ]
KRAKSAAN - Peringatan Hari Bumi 22 April memang sudah lewat. Namun aksi untuk memeringatinya masih terus berlangsung. Kemarin (2/5), kumpulan klub motor wilayah Probolinggo, Pasuruan dan Malang menggelar aksi tanam pohon untuk memperingati Hari Bumi.

Agenda tanam pohon masal itu dilaksanakan di satu-satunya embung (tempat resapan air) Kabupaten Probolinggo yang terletak di Desa Sumberkare, Wonomerto. Ada tiga klub motor yang mengikuti kegiatan tersebut.

Mereka menamakan diri dari Honda Phantom (Malang dan Pasuruan), Tirta Motor Club Probolinggo dan Honda Tiger Motor List (HTML). Total ada 220 orang yang menggunakan 140 kendaraan roda dua.

Di antara pecinta klub motor tersebut terdapat beberapa pejabat. Misalnya, ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Ahmad Badawi dan wakilnya Wahid Nurahman yang menggunakan motor trail. Ada juga kepala Dinas PU pengairan Anung Widiarto yang menggunakan motor gede Honda Phantom.

Acara tersebut dilepas oleh Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin dengan start dari kantor PU Pengairan di Jl Sukarno Hatta sekira pukul 10.00. Sebelum melepas, Bupati Hasan juga berpesan agar peserta pengendara motor untuk hati-hati di jalan dan tidak ugal-ugalan.

Usai sampai di kawasan embung, ratusan pengendara motor tersebut langsung melakukan aksi tanam 150 bibit pohon. "Kami memang sengaja memilih tempat di daerah embung ini," kata Anung Widiarto, panitia acara tersebut.

Menurut Anung, keberadaan tumbuhan tersebut nantinya akan sangat bermanfaat. Dengan adanya penghijauan di sekitar embung, maka akan membuat debit air di sekitar embun terjaga. Kualitas airnya pun juga akan bagus.

Diketahui embung di Sumberkare merupakan satu-satunya embung di wilayah Kabupaten Probolinggo. Luasnya 5 Ha Pembangunannya dari APBN yang menghabiskan Rp 3 M.

Embung tersebut berfungsi untuk pengairan daerah setempat bila musim kemarau tiba. "Ke depan tempat ini sangat berpotensi untuk dibuat tempat wisata. Karena itu kami berharap nantinya daerah di sini bisa rindang. Sekarang ini masih cukup panas," jelas Anung.

Terkait dilaksanakannya acara tanam pohon masal oleh klub motor tersebut, Anung menjelaskan sebagai bentuk kepedulian group motor. "Ini untuk membuktikan bahwa image ugal-ugalan di jalan yang melekat pada klub motor itu salah. Kami juga sangat peduli lingkungan sekitar," jelas Anung.

Menurut Anung, klub motor juga sering kali melakukan aksi sosial yang melibatkan masyarakat langsung. "Jadi klub motor juga peduli akan kelangsungan alam," beber Anung. (mie/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=156260

Tidak ada komentar:

Posting Komentar