Minggu, 02 Mei 2010

SMK Negeri 1 Kota Probolinggo Borong Juara Lomba Kompetensi Siswa Jatim

[ Minggu, 02 Mei 2010 ]
Juarai Tiga Lomba, Hadiah untuk Bayar Sekolah

SMK Negeri 1 Kota Probolinggo mencetak prestasi di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Timur XVIII yang digeber di Ponorogo, 19 - 22 April lalu. Tiga piala berhasil diraih dari sembilan lomba yang diikuti.

FAMY DECTA MAULIDA., Probolinggo

Kota Probolinggo boleh berbangga. Sejumlah putra daerah dari SMK Negeri 1 setempat berhasil membawa nama baik kota seribu taman ini di tingkat Jawa Timur dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK.

Joni Iskandar kelas II penjualan 2 berhasil meraih juara II Marketing, Ainur Rofik kelas II administrasi perkantoran 1 dan Sucik Mudiana kelas II administrasi penjualan 3 juara II Bahasa Jepang dan tim SMKN 1 berhasil menjadi juara III Lomba Basket Putri.

Ditemui di sekolahnya, Selasa (27/4), Joni, Ainur, Sucik dan Hevy Hanifa (salah satu tim basket) terlihat begitu bangga. Tiga buah tropy berhasil diboyong dalam lomba level Jatim. Sebetulnya ada sembilan lomba yang diikuti tetapi yang lolos hanya tiga lomba saja.

"Di sana itu rangkaian lombanya mulai tes teori, program website, presentasi bahasa inggris, display produk unggulan khas Kota Probolinggo dan cash register. Termasuk uji kompetensi dengan pelanggan," kata Joni menceritakan tahapan lomba marketing yang diikutinya.

Tidak mudah beban yang dipundak Joni. Nama kota ini diwakilkan kepadanya untuk maju dalam lomba tersebut. Katanya, di hari terakhir ada display produk unggulan masing-masing daerah. Nah, disanalah Joni memaksimalkan penampilannya untuk mendapat nilai terbaik.

Ia diharuskan menata display produk unggulan, kemudian mempresentasikannya dan menjualnya kepada pelanggan. Produk yang dibawa ke Ponorogo seperti krupuk jenggelek, kerupuk tengiri, krupuk ikan, madu Lumbang dan minuman khas SMKN 1 ajekolas (asam, jahe, kunyit dan laos).

"Saya tunjukkan potensi yang ada di Kota Probolinggo. Dari segi unggulannya, spesifikasi sampai manfaatnya. Terutama tentang ikan jenggelek yang tidak ada di tempat lain. Ikan jenggelek itu mempunyai nutrisi tinggi, berprotein dan kandungan minyak ikan yang sangat tinggi," tutur Joni sambil mempraktekkan performnya saat ikut lomba.

Remaja berusia 17 tahun ini harus melakukan observasi untuk mempersiapkan diri tampil di Ponorogo. Ia bahkan rela berkunjung ke produsen masing-masing produk untuk bahan promosinya. Belum lagi persiapan bersama bimbingan guru pendamping di sekolah.

LKS marketing harus bersaing dengan 49 kota/kabupaten. Joni mengatakan, sebelumnya ia tidak bisa memprediksi bakal menang atau tidak. Ketika di hari terakhir, saat display produk, Joni yang pernah menang jadi juara I lomba marketing salah satu universitas di Malang ini, semakin yakin kalau menjadi juara.

Joni berhasil menata display kurang dari waktu 1,5 jam. Ditambah lagi bagaimana kerapian display dan caranya mengajak pembeli. Dalam satu jam ia bisa menjual produk senilai Rp 400 ribu. "Dari situ saya sudah optimis akan menang. Tidak apa-apa meskipun juara II," kata anak pasangan Naldi dan Miyana itu. Dari total hadiah Rp 2 juta Joni mendapat Rp 750 ribu untuk ditabung.

Selain Joni, Ainur dan Sucik juga berhasil meraih juara II LKS Bahasa Jepang. Seperti diketahui, Ainur Rofik dulu pernah menjadi juara LKS tingkat nasional tahun 2009 lalu. Bedanya LKS nasional dan jatim, kalau di jatim tidak ada menulis huruf kanji.

Yang dilombakan hanya percakapan dan membaca katakana hiragana (huruf). Tema yang mereka bawakan dalam percakapan (drama) adalah kantin kejujuran. Saat LKS nasional ditampilkan tema sekolah adiwiyata. "Tidak boleh mengulang tema," ujar Sucik.

Sebelumnya, ada tiga tema yang menjadi bahan percakapan yaitu bisnis center, teaching factory dan kantin kejujuran. "Kosakatanya terlalu sulit, akhirnya dipilih kantin kejujuran. Ainur Rofik berperan sebagai Watanabe Hiroshi dari KTI dan saya Ita sensei (guru)," imbuh Sucik.

Ainur menceritakan, alur percakapan itu dimulai saat Watanabe membaca berita di harian Radar Bromo tentang kantin kejujuran di SMKN 1. Kemudian Watanabe menghubungi sekolah dan janjian bertemu dengan Ita sensei. Keesokan harinya Watanabe datang lalu melihat secara langsung seperti apa kantin kejujuran tersebut.

"Disitu dijelaskan apa kantin kejujuran dan makanan yang dijual. Termasuk bagaimana sistem penjualan di sana. Diperkenalkan juga ajekolas," tambah Ainur. Awalnya mereka sempat bingung karena kabarnya yang ditampilkan bukan percakapan tapi presentasi. Namun kabar itu berubah setelah ada technical meeting.

"Syukur akhirnya bisa menang, ga nyangka," ungkap Ainur. "Uang hadiahnya buat bayar sekolah," sahut Sucik saat ditanya hadiah yang mereka dapat. Karena LKS Bahasa Jepang dua orang, maka duitnya dibagi dua, mereka mendapat sekitar Rp 500 ribuan.

Pengalaman yang tidak kalah hebat dialami tim bola basket putri. Sembilan orang tim adalah Hevy Hanifa, Yuliati Ningsih, Clowinge, Devi Permatasari, Dewi Kustia, Luci, Yatim, Pur dan Imelda. Diakui oleh mereka lawan terberat adalah tim dari Blitar.

Selama babak penyisihan hingga grand final, tim dari Probolinggo menghadapi Kota Surabaya, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Tuban, Blitar dan Kota Pasuruan. Akhirnya yang lolos tiga besar Blitar, Surabaya dan Kota Probolinggo.

"Blitar musuh berat. Karena secara fisik mereka lebih tinggi, badannya berisi semua. Tapi gesitnya sama. Saat berebut tiket ke final, saya dan satu teman lainnya sempat merasakan sakit di kaki. Tapi beruntunglah kami bisa melaluinya," kata anak dari Nani Hanifah dan Muryanto itu.

Jika Probolinggo berhasil menjadi juara I, jelas bakal ditunjuk mewakili Jatim melenggang ke LKS tingkat nasional. Kendati demikian tiga pemain basket perempuan di sekolah yang dikepalai oleh Sunardi ini mendapat kesempatan ikut seleksi menjadi pemain tingkat nasional, yaitu Hevy, Yuliati Ningsih dan Dewi Kustia. (yud)

Sumber: http://jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=156104

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل





















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus