Minggu, 02 Mei 2010

Komisi D Minta Pemerintah Tuntaskan Tanjung Tembaga

Minggu, 02 Mei 2010 17:12:15| Parlementaria | Dibaca 11 kali

Surabaya - Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur Arif Hari Setiawan mendesak pemerintah segera menuntaskan pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo.

"Pelabuhan itu sangat dibutuhkan para pelaku usaha, apalagi setelah Jalan Raya Porong sering kali mengalami gangguan akibat semburan baru Lumpur Lapindo," katanya di Surabaya, Minggu.

Sejak lama pemerintah menggagas pembangunan pelabuhan yang bisa menampung kapal-kapal besar, terutama dari Kawasan Timur Indonesia seiring dengan padatnya aktivitas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Akan tetapi, sampai sekarang pembangunannya tidak jelas. Sejumlah investor telah menanyakan kelangsungan pembangunan pelabuhan tersebut kepada kami," tuturnya.

Menurut anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, keberadaan pelabuhan di sebelah timur Kota Surabaya sangat vital untuk mempersingkat jalur distribusi barang karena kalau mengandalkan Pelabuhan Tanjung Perak sudah tidak efektif dan efisien lagi.

"Sekarang ini kapal besar yang hendak membongkar muatannya di Tanjung Perak harus antre paling singkat empat jam, bahkan ada yang sampai dua hari," papar Akhmad Nawardi, anggota Komisi D lainnya menambahkan.

Hal itu mengakibatkan ekonomi berbiaya tinggi dan tentu saja berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur yang pada akhir tahun ini ditargetkan mencapai tujuh persen.

"Meskipun saat ini pemerintah juga telah merealisasikan proyek Pelabuhan Brondong, Lamongan, pembangunan pelabuhan di timur Surabaya dan sekitarnya tetap perlu," kata Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sumber: http://www.antarajatim.com/lihat/berita/32070/komisi-d-minta-pemerintah-tuntaskan-tanjung-tembaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar