Senin, 24 Mei 2010

Pertukaran Pemuda di Dua Desa

[ Senin, 24 Mei 2010 ]

KRAKSAAN
- Kegiatan pertukaran pemuda tidak hanya bisa dilakukan di skala nasional. Tapi juga antara desa. Seperti yang dilakukan delapan pemuda Desa Ranugedang, Tiris. Mereka melakukan kunjungan ke Desa Asembagus, Kecamatan Kraksaan, Sabtu (22/5).

Kedatangan mereka merupakan bentuk pertukaran pemuda antar desa. Pada kegiatan itu, pemuda yang terkumpul dalam Karang Taruna Desa Ranugedang tersebut akan mempelajari banyak hal di Desa Asembagus.

Di antaranya, cara pembuatan garam, terasi dan pembuatan ukir-ukiran kaca. "Di Ranugedang, tidak mungkin ada pembuat garam," ujar Kades Asembagus Haribuddin.

Sebelum memulai kegiatan, para pemuda itu diajak mengunjungi wisata religi di Desa Asembagus. Yakni, dua makam unik. Terutama posisi makamnya. Yakni menghadap ke Barat. Haribuddin mengatakan, makam itu adalah makam leluhur warga Desa Asembagus. "Mbah Syawal dan istrinya," terangnya.

Dan kemarin (23/5), giliran 11 pemuda anggota Karang Taruna Desa Asembagus yang mengadakan kunjungan balasan ke Desa Ranugedang. Di desa tersebut, mereka juga mendapat beberapa pengetahuan.

Misalnya, sejarah sesepuh Desa Ranugedang. "Selain itu kami juga ditontonkan tarian jaran kencak," ujar Sugeng Hadi, anggota Karang Taruna Desa Asembagus.

Ketua Karang Taruna Tunas Harapan Syamsul Arifin mengatakan, banyak hal baru yang mereka dapat. Misalnya, kesulitan warga di Desa Ranugedang untuk mendapat air bersih.

Warga Ranugedang harus menampung air hujan untuk mendapat air bersih. "Kalau untuk mandi, harus ke sungai. Lumayan jauh," ujar Syamsul.

Program itu sendiri menurut Kades Asembagus Haribuddin baru pertama dilakukan di Kabupaten Probolinggo. Menurutnya, program tersebut memiliki banyak manfaat. Di antaranya, pemuda dua desa bisa tukar informasi dan pengetahuan. "Jadi ada timbal balik yang sesuai," katanya.

Haribuddin berharap, program tersebut bisa dilaksanakan terus menerus. Sebab, bisa berujung pada kerjasama bidang ekonomi dan perdagangan. "Jadi bukan anjang sana saja, tapi sudah pada kreatifitas dan inovasi kerja," katanya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=160168

Tidak ada komentar:

Posting Komentar