Jumat, 22 Oktober 2010

48 Kader Gizi Ikuti Sosialisasi IMD dan ASI Eksklusif

images/stories/asi_eksklusif.jpgReporter : Wawan
PROBOLINGGO
- Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya para balita yang berada di Kabupaten Probolinggo, TP. PKK Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo menggelar sosialisasi Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan ASI Eksklusif bagi kader gizi, Senin (11/10).

Kegiatan yang diikuti oleh 48 kader gizi dari 24 kecamatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Ny. Hj. Tantri Hasan Aminuddin, SE. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kadarzi dan memberikan pemahaman pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan ASI Eksklusif. Nara sumber dalam sosialisasi ini berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo.

Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Ny. Hj. Tantri Hasan Aminuddin, SE dalam sambutannya sesaat sebelum membuka sosialisasi ini mengatakan ASI merupakan cairan ajaib yang diciptakan oleh Tuhan khusus bagi bayi, karena mengandung semua jenis gizi yang dibutuhkan oleh bayi antara lain mengandung sel darah putih Immunoglobulin, enzim dan hormon, lemak, laktosa serta protein spesifik yang cocok dan bermanfaat bagi bayi. “Di dalam setiap tetes ASI mengandung zat kekebalan terhadap penyakit dan alergi,” ujar Ny. Tantri.

Lebih lanjut Ny. Tantri menjelaskan kolostrum atau cairan kental yang kekuningan yang keluar pertama kalinya dari puting susu ibu setelah melahirkan juga mengandung zat kekebalan dan protein anti infeksi untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit, sehingga bayi yang mengkonsumsi ASI akan tumbuh lebih sehat dan lebih cerdas.

“ASI sama dengan makanan cepat saji bagi bayi kita. Karena begitu bayi menginginkan tinggal kita bersihkan sebentar dan dapat langsung diberikan pada bayi kita. Ekonomis dan lebih praktis,” lanjut Ny. Tantri.

Menurut Ny. Tantri, bayi yang baru lahir hingga 6 bulan pertama sesungguhnya tidak memerlukan makanan padat. Itulah sebabnya perlu terus dikampanyekan pentingnya pemberian ASI eksklusif kepada bayi, karena memberi cairan selain ASI sebelum 6 bulan beresiko membahayakan kesehatan bayi.

“Mengganti ASI dengan cairan yang sedikit gizinya atau tidak bergizi, berdampak buruk bagi kondisi bayi, daya tahan hidupnya, pertumbuhan serta perkembangannya. Konsumsi air putih atau cairan lain, meskipun hanya sedikit tetapi tetap membuat bayi merasa kenyang, sehingga tidak mau menyusu lagi,” jelas Ny. Tantri.

Istri Bupati Probolinggo ini menjelaskan manfaat ASI bagi ibu adalah menciptakan hubungan kasih sayang dan jalinan emosional ibu dengan bayinya ketika menyusui dan ibu akan lebih sayang dalam membesarkan buah hatinya. Manfaat lain adalah membantu agar rahim kembali ke ukuran semula dan menunda kehamilan baru, mengurangi perdarahan dan mencegah terjadinya anemia, mencegah terjadinya resiko kanker payudara dan indung telur atau ovarium serta lebih ekonomis, praktis, higienis dan hemat waktu.

“Tidak perlu diragukan lagi, menyusui memberikan dampak positif bagi ibu dan bayinya. Jadi jangan ragu-ragu, berikan ASI kapanpun bayi membutuhkan,” tambah Ny. Tantri.

Hasil capaian tahun 2009, ASI eksklusif di Kabupaten Probolinggo baru mencapai 27,09 % dan masih jauh dari target nasional ASI eksklusif tahun 2010 sebesar 80 %. “Kondisi ini perlu dicari tahu penyebabnya dan segera disusun kebijakan serta beragam upaya akeselerasi peningkatan ASI eksklusif,” pinta Ny. Tantri.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Tantri mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai 10 langkah kepada para pengambil kebijakan dan pengelola fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan dan masyarakat, menumbuhkan gerakan pemberian ASI kepada bayi serta meningkatkan keberhasilan menyusui pada kaum ibu.

“Yang tidak kalah penting, dukungan suami, keluarga dan masyarakat juga sangat diperlukan untuk mensukseskan pemberian ASI eksklusif ini. Kegiatan yang dapat dilakukan misalnya adalah mendorong pembentukan kelompok pendukung ASI,” terang Ny. Tantri.

Selain itu kita harus mendorong ibu, agar sejak ibu hamil mendapatkan pengetahuan yang memadai mengenai manfaat dan cara yang benar dalam pemberian ASI, sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna menyongsong kelahiran putra dan putrinya. “Kita harapkan agar pihak puskesmas, rumah sakit, rumah bersalin dan bidan harus mengingatkan pentingnya pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan kepada bayi,” pungkas Ny. Tantri. (wan)

Teks Foto : Ny. Hj. Tantri Hasan Aminuddin, SE saat membuka sosialisasi IMD dan ASI Eksklusif bagi kader gizi

Sumber: http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=4598&Itemid=1

1 komentar:

  1. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

    BalasHapus