Jumat, 22 Oktober 2010

Membangun Ekonomi Ummat yang Kuat

images/stories/penyerahan_kmk.jpgReporter : Dody Kasman
PROBOLINGGO
- Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kembali memberikan bantuan Kredit Modal Kerja (KMK) kepada lembaga koperasi dan usaha ekonomi produktif.
Dana yang dikucurkan tahun 2010 ini mencapai Rp. 3,1 milyar yang terdiri dari : KMK KPRI Rp. 1 milyar, KMK Usaha Produktif Rp. 300 juta, KMK Sekunko Rp. 300 juta, KMK UKM Rp. 1 milyar dan KMK Cukai Tembakau senilai RP. 500 juta.

Khusus untuk Kredit Modal Kerja bagi koperasi dan usaha kecil menengah, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Selasa (12/10) di pendopo Kabupaten Probolinggo.

Hadir pada acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu, Wakil Ketua DPRD Wahid Nurrahman dan anggota DPRD Ahmad Juaeni As’ad, Kepala Dinas Koperasi & UKM Sidik Wijanarko, pimpinan Bank Jatim Cabang Kraksaan Noviyanto, pimpinan Bank Jatim Probolinggo Sujatmoko dan pimpinan BPR Probolinggo Suryansyah.

Selain itu hadir pula Rektor Universitas Ciputra Surabaya Prof. Ir. Tony Antonio, M.Eng. Puluhan peserta yang terdiri dari praktisi dan pemerhati koperasi dan usaha kecil menengah Kabupaten Probolinggo nampak memadati pendopo siang itu.

Bupati Hasan pada sambutannya mengatakan bahwa usaha kecil menengah dan koperasi sangat strategis sebab potensinya yang besar dalam menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus sebagai tumpuan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Upaya pemberdayaan ekonomi umat bukanlah semata-mata menunaikan kewajiban konstitusional tetapi merupakan pilihan terbaik untuk mengatasi lemahnya kondisi ekonomi dan mendorong usaha kecil dan menengah untuk mampu terus melanjutkan usahanya”, ujar Bupati Hasan.

Sementara Kepala Dinas Koperasi & UKM Sidik Wijanarko menjelaskan bahwa perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Probolinggo sangat menggembirakan. Saat ini jumlah UKM unggulan 76 unit, UKM binaan 707 dan UKM yang tersentuh KMK sebanyak 3.470, serta wirausaha baru sebanyak 40.000 orang.

“Ini menunjukkan respon masyarakat atas ajakan dan keteladanan yang diberikan oleh bapak Bupati sudah cukup baik. Hanya saja UKM harus ditingkatkan kwalitas produk dan pemasarannya dengan ditambah sedikit sentuhan enterpreneur. Oleh karena itu diluncurkanlah buku Sang Enterpreneur ini”, papar Sidik.

Kegiatan siang itu diisi acara penyerahan secara simbolis beberapa bantuan. Kredit Modal Kerja bagi Koperasi & UKM diserahkan kepada Koperasi APTI “Daun Emas” Kecamatan Kraksaan sebesar Rp. 425 juta. Selanjutnya KPRI Perkasa Kecamatan Dringu sebesar RP. 150 juta. KUD Sumberagung Kecamatan Sumberasih sebesar Rp. 25 juta, Koperasi PKL Supriyadi Jaya Kecamatan Tongas sebesar RP. 25 juta dan 1 UKM di Kecamatan Sukapura sebesar RP. 20 juta.

Selain penyerahan KMK, juga diserahkan secara simbolis dana pembinaan bagi Camat yang aktif memfasilitasi modal kerja UKM beserta pengembalian kreditnya kepada Camat Lumbang, Maron dan Gading masing-masing Rp. 1 juta.

Diserahkan pula secara simbolis sertifikat hak atas tanah kepada 5 UKM di Kecamatan Krucil kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo mulai tahun 2003 s/d 2010 sebanyak 743 bidang.

Siang itu juga diserahkan kendaraan roda tiga untuk kios keliling, bantuan kepada kampung UKM Kraksaan Wetan sebagai sarana promosi dan pemasaran.

Disamping itu juga dilakukan penandatangan MoU (perjanjian kerjasama) penyaluran kredit modal kerja tahun anggaran 2010 antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang dilakukan langsung oleh Bupati Hasan dengan Bank Jatim Cabang Kraksaan, Bank Jatim Cabang Probolinggo dan PT. BPR Jatim Cabang Probolinggo.

Dalam rangka peningkatan jiwa enterpreneure UMKM di Kabupaten Probolinggo, dilakukan pula penandatangan MoU antara Pemkab Probolinggo dengan Universitas Ciputra Surabaya, dengan kegiatan pendampingan klaster mangga di Kecamatan Tongas dan Kampung UKM di Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan.

Yang istimewa, disela-sela acara dilakukan peluncuran buku “Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si : Sang Enterpreneur yang diterbikan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo. Buku ini dimaksudkan sebagai motivasi sekaligus keteladan Bupati Hasan sebagai enterpreneur dalam menggerakkan ekonomi lokal melalui strategi yang langsung menyentuh dan dapat dirasakan langsung oleh usaha mikro dan kecil.

Di bagian akhir, rektor Universitas Ciputra Prof. Ir. Tony Antonio menyampaikan presentasi dengan tema “Membangun Jiwa Enterpreneur”. Dengan gaya penyampaian yang komunikatif dan interaktif, seluruh hadirin termasuk Bupati Hasan nampak serius mengikuti kuliah singkat tersebut.

Suasana sekitar pendopo siang itu juga nampak ramai dan meriah dengan bazaar UKM yang digelar dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 65. Rencananya bazar ini akan dilanjutkan tanggal 17 Oktober di alun-alun Kraksaan. (d0d)

Teks Foto : Bupati Hasan saat menyerahkan kredit modal kerja kepada para pelaku koperasi dan UKM

Sumber: http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=4589&Itemid=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar