Sabtu, 04 September 2010

Pencuri Dimassa, Motor Dibakar

[ Sabtu, 04 September 2010 ]
SUKAPURA - Aksi pencurian motor (curanmor) yang kian marak telah memicu amarah masyarakat. Kemarin (3/9) di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo ketika ada seorang pelaku curanmor berhasil dibekuk, amuk warga tak terhindarkan. Motor dibakar, pelakunya dihajar. Satu pelaku yang dimassa itu adalah Rohim, 25, warga Pasuruan.

Dari informasi yang dihimpun Radar Bromo peristiwa curanmor itu kemarin terjadi sekitar pukul 09.30. Korbannya adalah Suratman, warga asli Lambang Kuning, Kecamatan Lumbang.

Ceritanya, Suratman juga punya rumah di depan terminal Sukapura. Nah, kemarin Suratman baru datang dari rumahnya di Lambang Kuning. Sampai di rumahnya di depan terminal Sukapura itu, Suratman langsung memarkir motornya, Satria FU nopol N 2585 OJ.

Baru lima menit diparkir, motor itu jadi sasaran curanmor. Pelakunya empat orang.Namun, aksi kawanan tersebut diketahui anak Suratman. "Papa, sepeda motor diambil orang," ungkap Kapolsek Sukapura AKP I. K. Wijaya kemarin menirukan keterangan dari korban.

Motor Suratman berhasil dibawa kabur empat pelaku. Mereka mengendarai dua sepeda motor. Satu motor Jupiter Z milik pelaku sendiri, satu lagi milik Suratman. Tapi, setelah mengetahui motornya disikat, Suratman langsung menghubungi Polsek Sukapura.

"Korban langsung menghubungi polsek," terang AKP Wijaya.

Setelah mendapatkan laporan dari Suratman, polsek menghubungi personelnya di lapangan. Ketika itu, petugas memang disiagakan di depan terminal Sukapura. "Petugas ada yang stand by di sana," terang Kapolsek.

Pergerakan pelaku curanmor terlihat oleh petugas di lapangan. Kawanan pencuri terlihat melaju kencang ke arah Lumbang. Selain petugas, warga juga mengetahui lari pelaku curanmor itu. "Warga juga turut mengejar kawanan tersebut," terang Wijaya.

Karena arahnya ke Lumbang, Polsek Sukapura kemudian berkoordinasi dengan Polsek Lumbang. "Langsung kami hubungi Polsek Lumbang untuk menghadang pelaku," terang Wijaya.

Di Lumbang, rupanya bukan hanya polisi yang bersiaga. Warga yang juga telah mendengar informasi pengejaran tersebut ikut menghadang. Tepat di Desa Negororejo, Lumbang, kawanan pencuri melihat ada puluhan warga sudah memblokade jalan. Mereka keder hingga tercerai berai.

Tiga orang kabur berhasil kabur dari hadangan warga, satu lagi pelaku yang naik motor Jupiter Z berhasil dibekuk warga di areal sawah. Amuk masa tak terhindarkan. Satu pelaku bernama Rohim, 25, warga Desa Plososari, Pasuruan itu dihujani pukulan.

Tak cukup itu, warga juga membakar motor Jupiter Z yang ditumpangi pelaku. Motor itu pun ludes tinggal rangkanya. Warga juga nyaris membakar Rohim. "Untung petugas berhasil menghentikan tindakan warga tersebut," ungkap AKP Wijaya.

Di saat yang sama, warga dan polisi tak berhenti mengejar pelaku lain yang kabur. Dua di antaranya kabur dengan mengendarai motor milik Suratman ke arah Madakaripura. Tapi karena kadung ketakutan, pelaku akhirnya meninggalkan motor milik Suratman itu di pekarangan rumah seorang warga.

Selanjutnya, Rohim dikeler ke Polsek Sukapura. Sedangkan tiga pelaku lainnya kini dalam buruan polisi. Dan disinyalir pelaku masih bersembunyi di daerah hutan di kecamatan Lumbang.

Selain mengamankan satu pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti dua sepeda motor. Satu motor Jupiter Z yang sudah tinggal rangka, dan satu motor Satria FU milik Suratman. (d7x/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=178092

Tidak ada komentar:

Posting Komentar