Minggu, 15 Agustus 2010

Percantik Pasar Dengan Tenda

[ Minggu, 15 Agustus 2010 ]
PROBOLINGGO -Dinas Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Probolinggo bikin inovasi. Kumuhnya kondisi pasar bakal dipercantik dengan pemasangan tenda. Sekitar 22 tenda mulai dipasang di Pasar Wonoasih, Jumat (13/8) kemarin.

Di Pasar Wonoasih masih banyak pedagang yang berjualan di halaman pasar. Sebagai peneduh, pedagang yang jumlahnya diperkirakan 80 orang itu memasang terpal sendiri. Alhasil rupa terpal yang dipasang selama bertahun-tahun pun usang dan terkesan kotor serta kumuh.

Nah, meminimalisir pemandangan tidak sedap itulah DPPKA mempercantik kondisi pasar tersebut menggunakan tenda. Sekitar pukul 09.00 tenda mulai berdatangan di pasar kemudian langsung dipasang oleh petugas.

Kepala DPPKA Imam Suwoko mengatakan, Kota Probolinggo sudah mendapatkan piala Adipura selama berturut-turut namun pasar masih terlihat kumuh. "Bagaimana pasar terlihat cantik akhirnya menggunakan tenda. Kami memberdayakan perusahaan diminta partisipasinya, dan Bank Jatim welcome mau menyumbang tenda," katanya.

Disiapkannya tenda untuk para pedagang, lanjut Imam, tidak semata-mata pemerintah kota hanya menarik retribusi saja. Tetapi, disertai dengan memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan fasilitas di pasar supaya pedagang dan pengunjung nyaman. "Disamping itu diharapkan omzet bisa meningkat," imbuh Imam.

Saat ini yang menjadi fokus mempercantik pasar masih di Wonoasih. Selain itu, DPPKA juga punya program revitalisasi pasar dengan anggaran milyaran rupiah. Kenapa harus Wonoasih dulu? Imam Suwoko bilang, karena di anggaran revitalisasi pasar tidak ada alokasi untuk tenda dan di pasar itu dari luar kondisi pedagang terlihat sangat kumuh.

"Terpal yang biasa digunakan oleh pedagang diganti dengan tenda. Nantinya tenda itu akan tetap berada di sana bukan bongkar pasang dan menjadi aset pasar Wonoasih. Untuk pasar yang lain kami lihat dulu perkembangannya. Diharapkan bisa menyusul ke pasar-pasar lain," tutur Imam kepada Radar Bromo. Siang kemarin, tenda sudah terpasang semua dan ditempati para pedagang. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=174955

Tidak ada komentar:

Posting Komentar