Sabtu, 31 Juli 2010

Permainan Tradisional Tumbuhkan Karakter Bangsa

Sabtu, 31 Juli 2010 | 10:55 WIB

JEMBER - Permainan tradisional anak merupakan upaya sebagai penguatan jati diri bangsa dan menumbuhkan karakter bangsa yang selalu bergotong royong. Pendapat itu disampaikan Direktorat Jenderal (Dirjen) Nilai Budaya, Seni dan Film (NBSF) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Tjejep Suparman, dalam pembukaan "Pesta Permainan Tradisional Anak Nusantara" di Alun-alun Kabupaten Jember, Jumat (30/7).

"Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang harus dilestarikan oleh semua pihak," kata Tjejep Suparman. Menurut Tjejep, Kabupaten Jember memiliki potensi untuk mengembangkan permainan tradisional anak yang inovatif dan kreatif, sehingga warisan budaya tetap terpelihara. "Kebiasaan anak-anak untuk melakukan permainan tradisional yang memiliki prinsip kerja sama dapat menumbuhkan karakter bangsa yang selalu bergotong royong," paparnya.

Orang tua, kata dia, harus memberikan bimbingan kepada anak-anak untuk memelihara permainan tradisional karena hal tersebut dapat memperkokoh jati diri bangsa. Sedangkan Bupati Jember, MZA Djalal, mengatakan banyak generasi muda di Jember yang melakukan langkah kreatif dan inovatif untuk mengembangkan permainan tradisional anak-anak.

"Beberapa sanggar bermain dan ide kreatif seperti Jember Fashion Carnival merupakan ide untuk mengembangkan dan mencintai kebudayaan Indonesia dengan kemasan yang menarik," kata Djalal. "Kabupaten Jember siap melestarikan permainan tradisional dalam berbagai kegiatan, sehingga warisan budaya tetap terpelihara," katanya.

Acara "Pesta Permainan Tradisional Anak Nusantara" yang digelar atas kerjasama Kemenbudpar bersama Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember itu berlangsung hingga Minggu (1/8). Acara itu diikuti 120 anak-anak tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) Kabupaten Jember, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Surabaya, Malang, Banyuwangi, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Beberapa permainan yang dilombakan antara lain lomba egrang, bakiak panjang, bola gotong royong, mewarnai gasing bambu, peragaan permainan boi-boinan, peragaan permainan otok-otok, peragaan permainan gunongan dan permainan payung-payungan. Pesta permainan tradisional juga dimeriahkan oleh "Jember Fashion Carnival Kids", reog anak-anak dan komunitas sepeda kuno. ant

Sumber: http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=958fecd8b87f55d80341e8dd2335e545&jenis=1679091c5a880faf6fb5e6087eb1b2dc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar