Sabtu, 31 Juli 2010

Pawai Obor Sambut Ramadan

[ Sabtu, 31 Juli 2010 ]
PROBOLINGGO - Siswa-siswi SDN Sumberwetan 2 Kota Probolinggo punya cara untuk menyambut Ramadan 2010. Kamis (29/7) malam lalu mereka berkeliling sekolah dengan membawa obor. Pawai obor tersebut menjadi tontonan masyarakat setempat.

Puluhan siswa berjalan dari depan masjid di kawasan Kelurahan Sumberwetan lalu berjalan menuju sekolah. Sesampai di depan sekolah, para siswa mengambil gumpalan kertas yang sudah disediakan oleh guru.

Di lapangan sekolah para siswa diminta membuat lingkaran mengitari api unggun. Kemudian melemparkan kertas ke arah api unggun tersebut. Mereka menuturkan lemparan kertas ke arah api unggun itu artinya menjelang Ramadan semua setan akan dikurung.

Sejumlah siswa yang sudah ditunjuk beratraksi main sepakbola api. "Bola api itu diibaratkan sebagai kepala setan," celetuk salah seorang guru. Obor yang dibawa para siswa lalu dilemparkan ke arah api unggun.

Suasana sempat agak mengkhawatirkan waktu itu. Karena siswa-siswi sedikit sembrono melemparkan obor. Lingkaran yang dibuat juga sempat semburat lantaran siswa main sepak bola api hingga keluar lapangan. Banyak siswi yang ketakutan dan akhirnya membubarkan diri dari lingkaran tersebut.

"Malam ini adalah malam dalam rangka menyambut bulan suci ramadan yang sebentar lagi datang. Umat muslim akan bergembira dengan datangnya ramadan dan mari mengambil hikmahnya sesuai dengan motto sekolah," kata Kepala SDN Sumberwetan 2 Didik Herni Suharsono. (fa/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=172759

Tidak ada komentar:

Posting Komentar