Rabu, 28 Juli 2010

BOS untuk Madrasah Telat

[ Rabu, 28 Juli 2010 ]
Taufik: Karena Pengalaman Pertama

KRAKSAAN - Beberapa hari terakhir pengelola MI dan MTs di Kabupaten Probolinggo sedang resah. Pasalnya, dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk MI dan MTs terlambat cair.

Dari data yang dihimpun Radar Bromo, bantuan BOS yang terlambat pencairannya ini termasuk dana untuk periode kedua. Yakni, mencakup bulan April, Mei dan Juni.

"FKB (Fraksi Kebangkitan Bangsa) banyak mendapatkan keluhan dari pengelola madrasah dalam beberapa minggu terakhir ini," kata Ketua FKB DPRD setempat Mulabby Cholili kepada Radar Bromo.

Menurut Mulabby keterlambatan itu berlangsung sekitar sebulan. Tentu saja hal itu bisa mengganggu proses belajar mengajar di madrasah. Karena seperti diketahui, saat ini MI dan MTs sudah tidak lagi melakukan tarikan kepada siswanya.

Sehingga, bantuan BOS menjadi satu-satunya penunjang kegiatan belajar mengajar. "Kalau BOS-nya belum cair, terus secara teknis menggerakkan madrasah itu bagaimana? Gurunya itu berarti kan tidak dibayar juga," jelas Mulabby.

Hal itu menurutnya, secara tidak langsung juga berdampak serius pada proses belajar mengajar. "Kalau gurunya telat bayaran, kan juga aras-arasen untuk mengajar. Karena itu masalah ini harus segera diselesaikan. Dalam waktu dekat ini kami akan menemui kantor kementrian agama," jelas Mulabby.

Sementara itu Kasi Mapenda Kementrian Agama Kabupaten Probolinggo Taufik membenarkan keterlambatan pencairan dana BOS untuk madrasah tersebut. "Tetapi insya Allah besok (kemarin, Red) sudah bisa mulai dicairkan," katanya.

Taufik mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan proses pencairan. Keterlambatan pencairan kali ini menurut Taufik dikarenakan beberapa faktor. "Salah satunya adalah ini merupakan pengalaman pertama membagikan BOS langsung bagi kami," katanya.

Sebelumnya kata Taufik, pencairan BOS dilakukan melalui provinsi. Namun mulai tahapan kedua ini pencairan BOS langsung diberikan pada daerah-daerah. "Jadi kami masih dalam tahap penyesuaian," jelasnya. (mie/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=172153

Tidak ada komentar:

Posting Komentar