Senin, 13 September 2010

RSUD Tongas Siaga 24 Jam

[ Minggu, 12 September 2010 ]
TONGAS-RSUD Tongas menyiagakan personelnya 24 jam penuh selama Lebaran. Berbagai pelayanan prioritas akan disiapkan semua. Meliputi pelayanan UGD, rawat inap, serta ruang bersalin. Hanya layanan poliklinik yang akan libur.

"Ada siaga Lebaran 24 jam," terang direktur RSUD Tongas, Anang Budi kepada Radar Bromo. Pihak RSUD juga menyiagakan fasilitas ambulans 24 jam.

Untuk memberi pelayanan Lebaran ini manajemen RSUD melibatkan seluruh komponen rumah sakit. Mulai dari petugas kebersihan hingga direktur RSUD sendiri. "Cleaning service juga kami libatkan," terang Anang.

Sistem jaga di rumah sakit menggunakan sistem bergilir. RSUD sudah membentuk jadwal piket bagi seluruh pegawainya. "Sistem shift yang diterapkan," terang Anang.

Nantinya di RSUD ada 32 orang yang selalu stand by. "32 orang itu yang disiapkan on side (di dalam, red).

Selain itu ada juga petugas yang sewaktu-waktu dapat dipanggil jika memang bersifat darurat. "Ada petugas yang on call," ungkap Anang. Petugas yang on call tersebut meliputi juga jajaran direksi yang di dalamnya juga termasuk direktur RSUD.

Untuk dokter umum, harus selalu di RSUD selama 24 jam tersebut. Sedangakan dokter spesialis bersifat on call.

"Saya sendiri harus juga siap, jika sewaktu-waktu dibutuhkan," jelas Anang. Hal tersebut memang harus dilakukan, karena sebagai pucuk pimpinan harus selalu siap jika ada hal atau kejadian besar yang mungkin terjadi.

Masalah lainnya yang jauh-jauh hari dipersiapkan adalah stok obat-obatan. Semua jenis obat-obatan sudah dilengkapi, untuk menghindari terjadinya kelangkaan berbagai kebutuhan obat-obatan di RSUD.

Sebetulnya RSUD sendiri sudah siaga muali dari H-7." Kami siaga dari H-7 hingga H+7," jelas Anang. Tidak hanya itu, sebelumnya RSUD sudah menerima instruksi dari Bupati Probolinggo, mengenai persiapan untuk siaga selama Lebaran nanti. (d7x/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=178907

Tidak ada komentar:

Posting Komentar