Senin, 13 September 2010

Ramai Pemudik, PKL Untung

[ Minggu, 12 September 2010 ]
PROBOLINGGO-Sejak beberapa hari sebelum Lebaran suasana jalan di Kota Probolinggo diramaikan oleh para pemudik. Tak jarang mereka berhenti dan beristirahat di taman pinggir jalan. Tempat favorit istirahat para pemudik adalah di sekitar pusat oleh-oleh di Ketapang Kota Probolinggo.

Para pemudik yang singgah dan beristirahat sejenak itu, terlihat mulai pagi hari. "Mulai jam 7 tadi Mas. Mereka singgah ke lapak-lapak PKL untuk makan dan minum sambil beristirahat," ujar Muji, salah seorang PKL di situ.

Memang kondisi itu dimanfaatkan oleh para pedagang kaki lima (PKL). mereka mengambil kesempatan untuk berjualan di lolasi tersebut. Bak gayung bersambut, kehadiran PKL itu diminati oleh para pemudik.

.Pemudik yang singgah di tempat itu, rata-rata berjalan dari arah barat (Surabaya). "Pemudik dari Surabaya yang banyak singgah di sini," terang Muji. Mereka rata-rata adalah pemudik dengan menggunakan roda 2.

Menurut Muji, kebiasaan pemudik tersebut sudah terlihat dari Lebaran tahun lalu. Saat itu, para pemudik memang banyak singgah di deretan PKL tersebut."Tahun lalu juga ramai seperti ini," terangnya.

Muji sendiri mendirikan lapaknya baru beberapa hari. Menurutnya, keramaian tersebut dimulai pada H-3 dan akan berlanjut hingga H+3.

Ketika Radar Bromo ada di lokasi itu, sempat berbincang dengan Samsul Arifin, seorang pemudik.Ia berasal dari Madiun hendak ke Jember."Saya istirahat dulu, sebelum lanjut ke Jember," terangnya.

Pagi itu merupakan perisitrahatan ke lima Samsul, selama dalam perjalan dari Madiun. Ia mengaku banyak beristirahat karena membawa anaknya yang masih kecil. Mau tidak mau Samsul harus mengikuti kemauan anaknya tersebut untuk beristirahat.

Dari pengamatan Radar Bromo, Di lapak-lapak para PKL itu sudah disiapkan sebuah bangku lebar yang terbuat dari bambu. Dengan kondisi yang tidak panas karena berada di beberapa pepohonan yang rindang, membuat para pemudik bisa sedikit beristirahat di lapak-lapak tersebut. (d7x/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=178906

Tidak ada komentar:

Posting Komentar