Selasa, 07 September 2010

Hujan Deras Ancam 7923 Ha Tanaman Tembakau

Selasa, 7 September 2010 | 09:34 WIB

Probolinggo - SURYA- Petani Tembakau di Kabupaten Probolinggo dibayang-bayangi rasa waswas akibat guyuran hujan yang masih mengguyur sedikitnya tujuh kecamatan penghasil bahan baku utama produk rokok ini. Bahkan, hujan yang terjadi, Senin (6/9) pagi, sudah membuat petani merugi jutaan rupiah.

Di Kabupaten Probolinggo, ada sedikitnya 7.923 hektare areal tanaman Tembakau yang tersebar di tujuh kecamatan yakni, Kecamatan Paiton, Kotaanyar, Pakuniran, Krejengan, Besuk, Gading, dan Kraksaan.

Tembakau rajangan yang baru saja dijemur, langsung terkena air hujan. Malam harinya, ratusan pohon Tembakau di daerah Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton roboh.

Salah satu petani Tembakau dari Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran, H Imam Mulyoto kepada Surya mengaku Tembakau rajangan miliknya yang baru saja dijemur, menjadi rusak akibat diguyur hujan. “Saya menjemur sekitar hampir dua kuintal setengah. Tapi, sudah rusak kena hujan,” katanya kepada Surya.

Tak hanya tembakau yang sudah dirajang, untuk daun Tembakau yang masih belum dipetik di pohonnya juga rusak. “Kalau terus-terusan hujan begini daun tembakau menjadi layu dan menguning,” tandas Andi. n tiq

Sumber: http://www.surya.co.id/2010/09/07/hujan-deras-ancam-7923-ha-tanaman-tembakau.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar