Selasa, 17 Agustus 2010

Pengunjung Bentar Merosot

[ Senin, 16 Agustus 2010 ]
PROBOLINGGO - Memasuki Ramadan, tempat wisata Pantai Bentar di Kabupaten Probolinggo terimbas. Kunjungan wisata di Pantai Bentar merosot tajam.

Hal itu seperti yang terlihat kemarin siang (16/8). Meski Minggu, obyek wisata yang terletak di kecamatan Gending itu nampak lengang. Saat itu tidak terlihat satu pun fasilitas mainan di pantai Bentar seperti kereta api mini maupun sepeda angin yang beroperasi. Segelintir pengunjung hanya terlihat di pojokan-pojokan anjungan.

Rata-rata pengunjung Bentar siang kemarin didominasi oleh pasangan muda-mudi yang sedang kasmaran. "Saya puasa mas. Mumpung libur, jadi nunggu buka sambil jalan-jalan ke sini," kata Solekan, yang mengaku berasal dari Banyuanyar.

Meski bulan puasa, beberapa pasangan itu bisa leluasa berduaan. Bergandengan tangan, berjalan di anjungan, dan menikmati pemandangan pantai Bentar.

"Hari ini memang sepi. Mulai pagi sampai sekarang (sekitar pukul 12.00) pengunjungnya tidak sampai 20 orang. Pengunjung hampir sama dengan petugasnya," ujar salah satu petugas yang mewanti-wanti agar namanya tidak dikorankan.

Menurut petugas itu, suasana pantai yang dibangun pemkab Probolinggo itu sudah sepi sejak memasuki awal bulan puasa. Setiap harinya, jumlah pengunjung bisa dihitung dengan jari. Termasuk saat hari libur seperti Minggu kemarin.

Kalau biasanya pengunjung Bentar pada hari Minggu mencapai ratusan, siang kemarin hingga pukul 12.00, pengunjungnya tidak sampai 20 orang. "Jumat (13/8) kemarin tambah lebih parah lagi. Kondisi seperti ini (sepi saat bulan puasa) memang sudah menjadi langganan saat puasa," ujar petugas itu.

Beberapa pedagang kaki lima yang biasanya banyak berjualan di pantai pun juga hampir semuanya tutup saat bulan puasa. Hanya ada beberapa yang masih buka. "Kebanyakan menghormati bulan puasa," ungkapnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sebagai pengelola Pantai Bentar sendiri juga tidak tinggal diam dengan kondisi tersebut. Kepala Disbudpar Tutug Edi Utomo mengatakan, pihaknya telah mengagendakan beberapa kegiatan untuk menyemarakkan pantai bentar di bulan Ramadan ini.

Selain menggelar takjil gratis setiap sore hari, pihak dinas juga sudah menyiapkan acara khusus yang digelar di Bentar saat bulan puasa ini. "Insya Allah bakal digelar lomba masa cipta menu untuk seribu orang," kata Tutug. Hasil masakan dari lomba itu rencananya bakal dibagikan kepada sekitar seribu anak yatim atau fakir miskin yang sengaja diundang. (mie/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=175052

Tidak ada komentar:

Posting Komentar