Selasa, 17 Agustus 2010

Masjid Ar-Raudlah Sediakan Takjil

[ Selasa, 17 Agustus 2010 ]

KRAKSAAN - Jamaah dan para musafir tak perlu khawatir bila hendak singgah di Masjid Agung Ar Raudlah, Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Selama Ramadan, takmir masjid menggelar acara khusus sambut berbuka, lengkap dengan takjil dan buka puasa gratis.

Dari pantauan Radar Bromo, acara dimulai dengan pembacaan surat Yasin dan Tahlil. Yakni dimulai sekitar pukul 16.45. Setelah pembacaan itu, dilanjutkan dengan kuliah jelang buka puasa. Biasanya dilangsungkan hingga waktu buka tiba.

Menurut koordinator kegiatan Ramadan di Masjid Agung Ar Raudlah Didik Abdur Rohim, kuliah itu disampaikan penceramah yang ditentukan takmir. Jumlahnya yakni 10 orang. Sehingga setiap penceramah masing-masing mengisi setiap 3 hari sekali. "Jadi bergantian. Untuk menunggu datangnya buka puasa. Juga mendapat tambahan pengetahuan dengan kuliah," tutur Didik.

Begitu masuk waktu maghrib, jamaah langsung menyantap takjil yang disajikan. Menunya bermacam-macam. Namun hampir dipastikan meliputi menu kolak, air mineral, sebungkus nasi, dan es buah, maupun buah itu sendiri.

Dikatakan Didik, kegiatan itu sudah berlangsung sejak lama. Yakni sejak sekitar 30 tahun yang lalu. "Bahkan sejak saya masih kecil," kata Didik.

Saat ini menurut Didik, jumlah paket takjil yang didapatkan sekitar 300 paket. Itu didapatkan dari masyarakat sekitar Kraksaan. Pengumpulannya dilakukan dengan cara dijemput ke setiap rumah donatur oleh tim takjil. Menurut Didik jumlahnya 20 orang. Sebelum puasa, panitia menyiapkan surat permohonan kepada masyarakat. "Lantas diedarkan sesuai jadwal yang ditetapkan panitia," ujar Didik.

Selain itu, selama Ramadan ini banyak aktivitas lain di masjid. Salah satunya, pengumpulan zakat fitrah jelang lebaran nanti. (eem/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=175236

Tidak ada komentar:

Posting Komentar