Senin, 30 Agustus 2010

Bagikan Zakat Masal di Bentar

[ Senin, 30 Agustus 2010 ]
Hari Ini Dibarengkan Lomba Cipta Menu Khas

PROBOLINGGO - Tradisi para pegawai pemkab Probolinggo yang tergabung dalam Korpri (Korp Pegawai Republik Indonesia) untuk memberikan zakat masal bakal berlanjut. Untuk tahun ini rencananya bakal digelar sore nanti di Pantai Bentar.

Kabag Kominfo Sentot Dwi H mengatakan, untuk tahun ini Korpri bakal memberikan zakat sebanyak 2 ribu paket. Rencananya zakat itu bakal diberikan kepada warga yang membutuhkan di beberapa desa kecamatan Dringu dan desa Curahsawo, kecamatan Gending.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini bantuan berupa 2 ribu paket sembako. Yang diberikan kepada janda-janda tua dan abang tukang becak. Karena anggaran terbatas, jadi penerima bantuan juga dibatasi sesuai dengan paket yang ada," jelas Sentot.

Tahun ini pembagian zakat memang sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kalau pada beberapa tahun sebelumnya, pemberian zakat diberikan beberapa hari jelang hari raya, tetapi tahun ini bantuan diberikan lebih dini.

Itu karena pemberian zakat masal ini dilaksanakan berbarengan dengan momentum lomba cipta menu dan buka bersama anak yatim yang juga digelar dalam waktu yang bersamaan di pantai Bentar. "Jadi besok (hari ini, Red) itu ada tiga agenda. Diawali dengan pemberian zakat yang digelar siang sekitar pukul 14.00 yang diserahkan secara simbolis oleh Pak Bupati," jelas Sentot.

Usai menggelar zakat masal, acara bakal dilanjutkan dengan lomba cipta menu khas Kabupaten Probolinggo. Lomba ini diikuti oleh seribu organisasi wanita di Kota/ Kabupaten Probolinggo. "Pemenang lomba di tingkatan Kabupaten ini nantinya bakal dikirimkan ke lomba cipta menu tingkat Jatim," beber Sentot.

Karena lomba cipta menu itu sendiri digelar saat Ramadan, maka pemakb memanfaatkan momentum tersebut untuk berbagi bersama anak yatim. "Rencananya hasil makanan lomba cipta menu tersebut bakal dibuat sebagai menu buka bersama pemkab bersama seribu anak yatim," jelas Sentot.

Di sisi lain digelarnya tiga agenda kegiatan tersebut di pantai Bentar juga bukannya tanpa pertimbangan. "Kami sebagai tuan rumah ingin jadikan even ini sebagai promosi wisata," jelas Tutug Edi Utomo, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Menurut Tutug, pantai bentar merupakan salah satu tempat terbaik untuk menggelar lomba atau festival. Itu dikarenakan beberapa faktor. "Selain parkir yang luas, ada panorama pantai nan indah, senyum crew-nya juga ramah menyenangkan. Asyik kan?" kata Tutug. (mie/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=177196

Tidak ada komentar:

Posting Komentar