Senin, 30 Agustus 2010

Malas, Pengunjung Rutan Sepi

[ Senin, 30 Agustus 2010 ]
KRAKSAAN - Sejak Ramadan tiba, aktifitas para narapidana di rumah tahanan (Rutan) Kraksaan meningkat. Namun itu kontras dengan jumlah penjenguk dari keluarga. Selama Ramadan, keluarga yang menjenguk jauh menurun.

Seperti yang terjadi kemarin (29/8), sejak pagi hingga sore suasana rutan sepi. Itu terlihat jelas di ruang tunggu rutan. Demikian pula di sekitar halaman depan rutan. Bahkan saat Radar Bromo berkunjung, tak ada satu pun penjenguk di situ.

Kepala Urusan Pengamanan Rutan Fathur Rosyid membenarkan penurunan jumlah penjenguk. Menurut Rosyid, penurunan itu disebabkan karena masyarakat enggan beraktifitas. Khususnya saat Ramadan. "Kebanyakan malas berkunjung," terangnya.

Dikatakan Rosid, pada awal Ramadan masih banyak penjenguk datang. Pengunjung umumny membawa makanan untuk berbuka bagi keluarganya yang ditahan. Namun aktifitas itu berkurang selama pertengahan Ramadan. "Mungkin malas saja," jelasnya.

Namun bukan berarti tidak ada pengunjung sama sekali. Menurut Rosid, pada hari dan jam tertentu ada saja pengunjung yang datang. Biasanya terjadi pada Sabtu dan Senin. Biasanya sekitar pukul 09.00 WIB-11.00 WIB para penjenguk berdatangan. "Setidaknya 30 warga binaan di sini dijenguk keluarganya. Itu yang minggu kemarin," tutur Rosid.

Padahal kata Rosid, sebelum dan awal puasa para penjenguk biasanya berdatangan sekitar pukul 08.00 WIB. Bahkan pada pukul 13.00 WIB masih ada pengunjung yang datang. "Yang berkunjung pun harus antre. Sebab ruang tunggu masih penuh," sebut Rosid.

Namun kata Rosid, biasanya jelang lebaran pengunjung mulai ramai. Momen lebaran itu selalu dimanfaatkan oleh pengunjung. Lebih-lebih kata Rosid, warga binaan biasanya meminta keluarga untuk menjenguk di rutan. "Mungkin sekitar tanggal 25 Ramadan, mulai banyak yang berkunjung," kata Rosid.

Bahkan setelah lebaran Rosid memperkirakan, rutan akan dipenuhi pengunjung. "Kalau lebaran itu pasti (ramai)," pungkasnya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=177200

Tidak ada komentar:

Posting Komentar