Sabtu, 19 Juni 2010

Diyakini Uang Itu Peninggalan Tentara Jepang

Jumat, 18/06/2010 13:02 WIB
Temuan Uang Logam Kuno
Sugianto - detikSurabaya

Probolinggo - Keluarga Suparman yang pekarangan rumahnya ditemukan ribuan uang logam kuno menyakini kalau uang itu peninggalan tentara Jepang yang pernah singgah di Probolinggo.

Ribuan uang logam kuno itu didapat saat Mat (40), menggali tanah untuk membuat lubang pembuangan WC di belakang rumah Suparman yang berada di RT 2 RW 1, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

"Saya lupa tahunnya berapa. Tapi yang jelas, menurut pengakuan nenek moyang saya, di sini sempat dijadikan markas tentara Jepang," kata salah satu sesepuh keluarga Suparman, Mbok Badriah, kepada detiksurabaya.com di lokasi, Jumat (18/6/2010).

Mbok Badriah menduga, temuan ribuan uang logam di tanah pekarangannya itu memang betul-betul peninggalan penjajahan tentara Jepang yang sengaja memendamnya di tanah pekarangannya. "Bisa jadi uang logam kuno itu peninggalan tentara Jepang," ungkapnya.

Sementara itu, rumah Suparman saat ini masih ramai didatangi warga. Mereka pada umumnya penasaran dengan uang logam tersebut. Uang logam kuno itu mempunyai lubang tengah itu bertuliskan huruf abjad China, dan tidak ada tahun pembuatannya. Uang itu ditemukan saat menggali tanah di kedalaman 1,5 meter. (wln/wln)

Sumber: http://surabaya.detik.com/read/2010/06/18/130201/1381185/475/diyakini-uang-itu-peninggalan-tentara-jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar