Sabtu, 15 Mei 2010

Pemkab Soal Pembayaran Gaji Melalui Rekening

[ Sabtu, 15 Mei 2010 ]

KRAKSAAN-Usulan pembayaran gaji pegawai negeri sipil (PNS) melalui rekening mendapat tanggapan dari Pemkab Probolinggo. Bahkan usulan tersebut saat ini sejatinya memang tengah digodok oleh pemkab.

Sekda Kusnadi mengatakan, usulan pembayaran gaji melalui rekening tersebut bukanlah hal yang baru lagi. "Saat ini itu sudah ada beberapa karyawan pemkab yang sudah membuat akun di bank," katanya saat dikonfirmasi kemarin (14/5).

Dijelaskan Sekda, usulan pembayaran gaji melalui rekening sejatinya sudah diwacanakan sejak lama. Bahkan di pemerintah daerah tingkat I atau pemprov sudah pernah melaunching pembayaran karyawan melalui nomor rekening itu.

Namun di Kabupaten Probolinggo sampai sejauh ini proses pembayaran gaji karyawan melalui rekening masih belum diterapkan secara keseluruhan. "Kami masih belum temukan teknis pelaksanaannya," kata Kusnadi.

Masalah teknis pelaksanaan memang menjadi permasalahan tersendiri. Sebab kebanyakan pegawai di pemda banyak yang memiliki tangunggan lain-lain seperti koperasi atau tanggungan lainnya.

Biasanya tanggungan itu diambil tiap bulan dengan memotong dari gaji pegawai. Nah, bila pembayaran dilakukan melalui rekening, potongan untuk hal-hal itulah yang masih belum bisa dicarikan solusinya.

Seperti diberitakan Radar Bromo sebelumnya, pembayaran gaji PNS yang masih dilakukan dengan cara konvensional mendapat perhatian dari anggota DPRD Jatim Mahdi. Politisi asal PPP itu menyarankan, sudah saatnya pemkab atau pemkot di tiap daerah membayar gaji PNS melalui rekening.

Saat ini, gaji PNS memang masih dibayar dengan cara lama. Yakni, mengambil gaji langsung di bagian keuangan atau instansi yang diberi mandat. Cara ini menurutnya sangat rawan. Karena tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti dirampok.

Antisipasi yang diusulkan oleh Mahdi, yakni pembayaran gaji PNS melalui rekening. Pembayaran cara ini menurutnya akan jauh lebih efektif. "Itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga," lanjut kakak kandung Wabup Probolinggo Salim Qurays ini.

Selain itu kata Mahdi, pembayaran gaji melalui rekening juga memungkinkan pegawai menerima gajinya secara utuh. Sebab sudah menjadi rahasia umum, selama ini PNS menyisihkan sedikit gajinya sebagai uang lelah untuk pegawai yang mendapat tugas mengambilkan gaji bagi pegawai lain. Maklum, beban yang ditanggung pegawai ini sangat besar.

Jika gaji PNS dibayarkan dengan sistem online atau melalui rekening, maka kondisi-kondisi seperti itu bisa diminimalisir. Para pegawai otomatis bisa menerima langsung gajinya tanpa perantara. Sehingga, potongan sedikit untuk uang lelah juga tidak diperlukan lagi.

Dengan adanya usulan tersebut, pemkab menurut Sekda akan terus mengkaji untuk masalah teknis pembayaran gaji melalui rekening tersebut. "Kami pikir dahulu teknis pelaksanaannya," beber Sekda Kusnadi.(mie/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=158467

Tidak ada komentar:

Posting Komentar