Jumat, 14 Mei 2010

Jazz Gunung 2010, Nikmati Jazz di Gunung Bromo

Jum'at, 14 Mei 2010 08:34

Kapanlagi.com - Jika biasanya perhelatan musik jazz dilakukan di tempat-tempat mewah, namun kali ini ada yang berbeda. Bertempat di kawasan gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur sebuah perhelatan jazz bertajuk Jazz Gunung 2010 pun siap digelar pada 3 Juli mendatang.

Perhelatan Jazz Gunung 2010 adalah pergelaran jazz tahun kedua setelah sebelumnya diselenggarakan di tempat yang sama. Sejumlah musisi jazz papan atas pun bakal ikut serta dalam acara yang tidak biasa ini. Di antaranya adalah ESQI: EF feat Syaharani dan Donny Suhendra, Balawan, komunitas jazz C26 Surabaya, Malang Jazz forum dan Monday Night Band Yogyakarta. Tak lupa acara ini juga dipandu oleh budayawan Butet Kertaredjasa dan Jaduk Ferianto.

"Kita memang selalu mengusahakan untuk tampil beda dengan pergelaran jazz yang seperti biasa. Kalau konsepnya memang diusahakan selalu ada unsur etniknya. Jangan bandingkan dengan Java Jazz, kita baru belajar," ujar penyelenggara acara, Sigit Pramono saat ditemui di gedung Perbanas Jakarta, Selasa (11/5)

Acara Jazz Gunung 2010 itu memang tak selamanya murni diisi oleh musisi jazz. Kelompok musik tradisional akan tampil untuk berkolaborasi dengan Jaduk Ferianto dan kesenian Jathilan-Reog setempat yang juga akan menjadi pembuka acara jazz gunung.

Ide dari pembuatan acara ini selain karena ingin memperkenalkan musik jazz juga sebagai bagian dari pengenalan kawasan wisata gunung Bromo agar tak hanya dikenal sebagai tempat dengan keindahan matahari terbitnya.

"Kalau ada tempat wisata 3 B, yakni Bali, Borobudur dan Bromo, maka kita harus memanfaatkannya. Setidaknya selain untuk menyaksikan acara ini, penonton bisa menyaksikan panorama sekitar," ujar Sigit yang dikenal sebagai gubernur Bromo ini.

Pihak penyelenggara pun mempersilakan jika ada peminat yang ingin menyaksikan acara tersebut untuk dapat mengunjungi situs www.jazzgunung.com. (kpl/adt/dar)

Sumber: http://www.kapanlagi.com/h/jazz-gunung-2010-nikmati-jazz-di-gunung-bromo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar