Rabu, 03 November 2010

Banger Telecenter Hadir Di Kota Probolinggo

Tidak dapat dipungkiri bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan jaman. Pemerintah Kota Probolinggo menanggapi hal ini dengan serius. Sejak tahun 2004, Bappeda mulai membangun fasilitas Internet di lingkungan kantor Pemerintah Kota Probolinggo, dan saat ini sudah merambah sampai ke tingkat kantor Kelurahan.

Tidak hanya puas sampai disitu, agar internet bisa lebih dirasakan oleh masyarakat pedesaan, pada tahun 2009, Pemerintah mengupayakan adanya Telecenter di Kota Probolinggo, selain itu juga membangun Kampung Cyber Sumbertaman dan Citarum Cyber Probolinggo Tahun 2010. Hasilnya, pada tanggal 19 September 2010, Pemerintah mendapat surat balasan dari Depkominfo Prov. Jatim tentang Pelaksanaan Pembangunan Telecenter di Kota Probolinggo.

Pembangunan telecenter ini dilaksanakan dengan pola sharing antara pemerintah kota dengan propinsi, dengan pembagian tugas pemerintah Propinsi Jawa timur menyediakan perangkat keras, biaya operasional, biaya pelatihan untuk pengelola dan biaya penunjang dengan alokasi anggaran Rp. 303.925.000,

Sedangkan untuk pemerintah Kota Probolinggo menyediakan gedung atau kantor yang merupakan asset daerah dengan sambungan listrik yang cukup, memilih calon pengelola dari unsur anggota masyarakat non pemerintah yang mempunyai kompetensi dibidang manajerial, bidang pemberdayaan masyarakat, dan bidang teknologi informasi sesuai dengan posisinya dalam struktur kepengelolaan dan juga menyediakan koneksi internet dengan alokasi anggaran 30 juta rupiah.

Surat tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah kota Probolinggo bersama pemerintah propinsi dengan mengadakan fit and propertest pada hari kamis (14/10) tahun 2010 lalu. Hasil dari rekruitmen pengurus tersebut, untuk posisi manajer adalah Sukardhi Mitho, untuk Sekretaris adalah Nurul Fatimah, Kabag. Pengembangan dan Pelayanan diisi oleh Lukman Effendi dan Kabag. Teknologi Informasi adalah Novi Budi Laksono.

Kota Probolinggo patut berbangga hati atas terbentuknya BANGER TELECENTER yang berlokasi di rumah dinas camat Wonoasih, tepatnya disebelah barat kantor Kecamatan Wonoasih. Hal ini diperkuat dengan Berita Acara Penyerahan Barang Inventaris Milik Pemerintah Kota Probolinggo bernomor 593/ 2363/ 425.110/ BAST_ASET/ 2010 tertanggal 21 Oktober 2010 antara Imam Suwoko, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset dengan Sukardhi Mitho, manager Banger Telecenter.

Magic word dari Banger Telecenter adalah jendela informasi menuju kemakmuran, yang bervisi terwujudnya banger telecenter sebagai wadah pemberdayaan masyarakat Kota Probolinggo melalui ITC. Misinya adalah mengembangkan ekonomi masyarakat, utamanya masyarakat miskin berbasis IT. Selain itu juga mengembangkan kultur informasi dan komunikasi bagi masyarakat, membangun layanan berkualitas tinggi yang berbasis IT untuk kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkembangkan kemampuan masyarakat melalui TIK. Tujuan Banger Telecenter adalah tercapainya kesejahteraan masyarakat melalui penguasaan dan pemanfaatan sarana teknologi informasi dan komunikasi

Sasaran yang dituju adalah terselenggaranya program peningkatan kualitas SDM melalui berbagai pelatihan, konsultasi, workshop, dan lainnya yang berbasis teknologi informasi. Terselenggaranya program peningkatan kemampuan masyarakat tentang TI melalui internet, terselenggarakan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan Banger Telecenter sebagai pusat informasi teknologi dan komunikasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup. Tersusunnya mekanisme kelembagaan Banger Telecenter dalam upaya menuju kemandirian dan kualitas pelayanan yang optimal, dan terwujudnya kemitraan antar kelompok masyarakat melalui media teknologi informasi dan komunikasi yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk kedepan, Banger Telecenter diharapkan mampu menjadi wadah dan sarana pemberdayaan masyarakat Kota Probolinggo, utamanya masyarakat miskin disemua bidang sehingga kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik.” ujar Sukardi Mitho disela kesibukannya. “Selain itu, Banger Telecenter juga diharapkan mampu berperan sebagai media IT bagi masyarakat di Kota Probolinggo dalam upaya membangun jaringan kemitraan dengan masyarakat dunia.” imbuhnya.
Last Updated ( Selasa, 02 November 2010 )

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=372&Itemid=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar