Senin, 20 September 2010

Arus Balik Masih Normal

[ Minggu, 19 September 2010 ]

TONGAS - Lebaran Idul Fitri sudah sepekan berlalu. Arus balik yang terpantau di jalan raya Tongas Probolinggo kemarin (18/9) terbilang masih normal. Kepadatan arus tak sampai mengakibatkan kemacetan luar biasa.

Dari pantauan petugas Pospam Tambakrejo, Tongas, kondisi arus balik baik masuk maupun keluar dari Probolinggo lancar. "Kondisi arus balik normal dan terkendali," jelas AKP Endro Arbianto, kasubag personel polres Probolinggo yang saat itu bertugas sebagai Kepala Pospam.

Normalnya arus balik sampai saat ini diperkirakan karena sudah pemudik yang kembali pada H+2 dan H+3 lebaran. Itu bertepatan dengan habisnya masa libur lebaran bagi para pegawai pemerintahan.

Walupun arus balik normal, tetap saja ada penumpukan kendaraan di beberapa titik kemacetan. Di Tongas, titik kemacetan bisa terlihat di perlintasan rel KA Tambakrejo serta rumah makan Nguling.

Diperlintasan KA, kondisi jalan memang menyempit. Hal itu membuat kendaraan harus memperlambat laju kendaraannya. Sedangkan di RM Nguling disebabkan membludaknya pengunjung RM tersebut.

"Di rel KA dan RM rawon Nguling titik kepadatan di Tongas," ujar AKP Endro. Kepadatan paling banyak terlihat di depan RM Nguling, sedangkan di rel KA tidak tampak terlalu banyak penumpukan kendaraan.

Sementara, dari pantuan Pospam, kendaraan yang melintasi tetap didominasi kendaraan roda dua (R2). Lalu diurutan kedua ditempati R4.

Dari pengamatan petugas Pospam kemarin, didapatkan data penguna R2 yang masuk ke Probolibnggo mencapai 1324 kendaaan dan yang keluar mencapai 1123 kendaraan. Untuk R4 sebanyak 1077 kendaraan masuk dan keluar sebanyak 1264 kendaraan.

Walaupun kondisi arus balik sudah terlihat normal, petugas akan tetap memantau kondisi arus balik hingga hari ini. "Akan terus dipantau, hingga terakhir besok (har ini, Red)," pungkas AKP Endro. (d7x/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=179892

Tidak ada komentar:

Posting Komentar