Rabu, 04 Agustus 2010

Dibuka dengan Festival Rawon

[ Rabu, 04 Agustus 2010 ]
Puncak Yadnya Kasada 26 Agustus

PROBOLINGGO-Rangkaian peringatan Yadnya Kasada tahun ini sudah mulai digelar. Dimulai dengan acara penunjang, yakni festival rawon pada Jumat (30/7) dan Senin (2/8) lalu.

Menurut kalender Saka, Yadnya Kasada tahun ini jatuh pada tanggal 26 Agustus sekitar pukul 02.00 dini hari. Namun resepsinya sudah dimulai pada pukul 20.00 tanggal 25 Agustus.

Kepala Dinas Kebudyaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan, agenda peringatan Yadnya Kasada tahun ini dibagi menjadi dua. Yakni agenda penunjang dan ritual peringatan Yadnya Kasada.

Menurut Tutug, agenda penunjang Yadnya Kasada merupakan salah satu upaya untuk memeriahkan ritual hari raya suku Tengger itu. "Agenda penunjangnya macam-macam. Mulai festival rawon, reog Tengger, pacuan kuda, dan layang sambitan," kata Tutug.

Dijelaskan Tutug, agenda penunjang rangkaian Yadnya Kasada ini merupakan agenda tambahan. Tidak wajib dilakukan, karena bukan termasuk ritual upacara prosesi Yadnya Kasada.

Untuk festival rawon sendiri kegiatannya digelar selama dua hari. Dalam festival tersebut, tiap-tiap warung yang sudah ditunjuk bakal menyuguhkan rawon spesial khas warung tersebut. Nantinya ada tim juri yang bakal mendatangi warung rawon tersebut. Usai dinilai oleh tim juri, rawon yang dianggap paling enak bakal disajikan di resepsi perayaan Yadnya Kasada.

Secara keseluruhan untuk agenda penunjang wisata, saat ini jadwalnya masih dikoordinasikan antara pihak pemerintah desa maupun pemkab setempat. "Sekarang ini masih koordinasi," terang Tutug.

Karena agenda peringatan Yadnya Kasada tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadan dan berdempetan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI, maka panitia akan menyesuaikan rangkaian acara tersebut. "Ada semangat untuk memeriahkan Yadnya Kasada tahun ini dengan mengindahkan bulan Ramadan dan agustusan," jelas Tutug.

Sementara untuk rangkaian rituan Yadnya Kasada sendiri bakal dimulai pada 21 Agustus dengan acara kerja bakti di Pura Luhur Poten. Keesokan harinya (22/8) bakal dilanjutkan dengan pemasangan penjor dan umbul-umbul.

Pada tanggal 23 Agustus bakal dilanjutkan mendak tirta yang dimulai pukul 13.00. Keesokan harinya (24/8) bakal digelar slasa piodalan atau ulang tahun Pura Luhur Poten. Hari selanjutnya (25/8) dilanjutkan dengan resepsi Yadnya Kasada yang dimulai pukul 20.00.

Dan pada 26 Agustus dini hari sekitar pukul 02.00 bakal dimulai puncak ritual Yadnya Kasada. Semua warga Tengger bakal berangkat dari pintu gerbang lawang masing-masing daerah (Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Malang). Malam harinya bakal digelar pujan kasada di tiap-tiap rumah kepala desa. (mie/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=173319

Tidak ada komentar:

Posting Komentar