Jumat, 30 Juli 2010

Pemkot Raih Green City Award 2010

[ Jum'at, 30 Juli 2010 ]
Pertama Ikut, Langsung Menang

PROBOLINGGO - Pemerintah Kota Probolinggo kembali meraih penghargaan di bidang lingkungan. Kota Probolinggo terpilih sebagai The Best Indonesian Green Award 2010 tingkat gold kategori green city gelaran majalah Bisnis dan CSR di Jakarta.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung Semesco UKM, Jl Gatot Subroto, Jakarta, 5 Agustus mendatang. "Pemkot Probolinggo mendapatkan tingkat gold (emas), yang artinya terbaik. Di bawah tingkat emas ada silver dan brown. Tapi, pemkot dapat yang gold," ujar Kepala Bappeda setempat Budi Krisyanto.

Budi menerangkan, pemkot memang mengikuti green award. Sebelumnya pemkot mendapat informasi bahwa majalah Bisnis dan CSR mengadakan ajang pemilihan green award. Berkas pendukung lomba pun dikirimkan ke panitia, kemudian dilakukan evaluasi dan diverifikasi.

Kategori lomba sendiri bermacam-macam. Antara lain, green agribisnis, green hotel, green media, green provence dan green city. Nah, Kota Probolinggo khusus ikut di kategori green city.

Dinyatakannya kota ini sebagai green city, karena memiliki komitmen untuk membangun kota hijau. Seperti melaksanakan progam tamanisasi menjadi seribu taman atau penanaman pohon.

"Penghargaan ini menjadi aspirasi bagi masyarakat dan Pemkot Probolinggo. Apa yang dilakukan oleh pemkot dan masyarakat mendapatkan aspirasi ini. Penghargaan ini menjadi spirit untuk pemkot dan pemerintah membangun kota yang ramah lingkungan," ujar Budi.

Ke depannya pemkot dan masyarakat akan terus melakukan program green city, seperti penanaman pohon, melestarikan lingkungan dan memperbanyak RTH (ruang terbuka hijau). "Artinya Kota Probolinggo punya kegiatan nyata seperti penanaman pohon dan bagaimana mengatasi dampak perubahan iklim," tambahnya.

Diakui oleh Budi, tahun-tahun sebelumnya ia tidak tahu ada ajang seperti ini. Baru tahun 2010 mendapat informasi dan langsung mengikuti ajang tersebut. Kali pertama ikut langsung meraih penghargaan.

"Di dalam undangan yang dikirimkan, panitia sudah menilai 53 peserta dari 11 kategori yang dilombakan. Pesertanya itu dari pemerintah, perusahaan dan LSM. Karena yang meraih pemerintah kota, maka kami berharap wali kota sendiri yang menerima penghargaannya nanti," harap mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) ini. (fa/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=showpage&rkat=4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar