Minggu, 04 Juli 2010

Dien Peluang Pimpin Muhammadiyah Lagi

Sabtu, 3 Juli 2010 | 07:17 WIB

PROBOLINGGO - Menjelang Muktamar Muhammadiyah ke-64 di Jogjakarta yang dibuka Sabtu (3/7) nama Dien Syamsuddin diprediksi masih bakal menduduki kembali jabatan Ketua Umum PP Muhammadiyah. Selain tanpa saingan setelah Amien Rais menyatakan lebih memilih berkiprah di PAN daripada di Muhammadiyah, Dien dinilai mempunyai dukungan kuat di akar rumput.

”Kami mendengar informasi, PDM-PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) di kota/kabupaten di Jatim masih mengunggulkan Pak Dien,” ujar Ketua Umum PDM Kota Probolinggo, HM. Nurhasan SH MHum, Sabtu (3/6).

Bahkan informasi yang diperoleh dari PW Muhammadiyah Jatim, seluruh Jawa bisa dikatakan bakal mengusung Dien Syamsuddin. ”Dulu mungkin masih banyak PDM yang mendukung Pak Amien, tetapi setelah Pak Amien menyatakan lebih memilih berkiprah di PAN, semua dukungan mengarah ke Pak Dien,” ujar Nurhasan.

Disinggung mengapa dukungan ke Dien masih kuat, Nurhasan mengemukakan sejumlah alasan. ”Pak Dien orangnya istiqomah memperjuangkan Muhammadiyah. Diundang ranting (tingkat desa/kelurahan) Muhammadiyah pun Pak Dien datang,” ujarnya.

Dari sisi eksternal, kata Nurhasan, Dien bisa diterima berbagai kalangan. Mulai MUI, NU, Al Irsyad, Persis, dan berbagai ormas Islam. ”Bahkan di kalangan artis, Pak Dien dikenal sebagai kiai-nya artis karena sering berdakwah di kalangan selebritis,” ujarnya.

Selain mengusung Dien, PDM-PDM di Jatim diprediksi bakal membawa sejumlah nama dari Jatim. Ada sejumlah nama kandidat dari PW Muhammadiyah Jatim yang layak diusung di antaranya, Prof. Dr Syafiq A. Mughni (Ketua PW), Prof. Dr Thohir Luth (Majelis Tarjih dan Tajdid), dan Prof. Dr Muhadjir Effendi (Rektor Universitas Muhammadiyah Malang/UMM), dan Dr Zainuddin Maliki.

”Idealnya ada dua sosok dari Jawa Timur yang masuk ke PP Muhammadiyah, tetapi yang kami usulkan mungkin hanya Pak Syafiq. Kalau Pak Muhadjir yang mengusulkan PP,” ujar Nurhasan. Dikatakan kalau sejumlah tokoh Muhammadiyah Jatim terlalu banyak menempati struktur di PP, dikhawatirkan PW Muhammadiyah Jatim kurang terurus.

Sekadar diketahui, menjelang Muktamar Muhammadiyah tepat 1 abad usia ormas Islam itu sudah ada 124 nama yang diusulkan menempati jajaran PP Muhammadiyah. Delegasi (peserta) muktamar bakal menyeleksi menjadi 39 nama calon tetap.

“Selanjutnya 39 nama itu dipilih menjadi 13 formatur, yang akan menyusun struktur PP,” ujar Nurhasan. Calon yang mendapatkan suara terbanyak (diranking) bakal menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah. isa

Sumber: http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=2fbbc583d9dcde9fd4eb022e25f3fa37&jenis=c81e728d9d4c2f636f067f89cc14862c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar