Senin, 07 Juni 2010

Ajarkan Empat Kata Penting

[ Senin, 07 Juni 2010 ]
PAITON - Peran orang tua dalam mendidik anak sangat vital. Terutama pada masa pertumbuhan. Jika orang tua lalai, akibatnya bisa negatif pada anak.

Ria Enes yang terkenal dengan boneka Susan, mengingatkan hal itu saat hadir di gedung pertemuan PT Ipmomi Paiton Probolinggo kemarin (6/6). Saat itu Ria dan Susan hadir dalam acara peringatan hari anak nasional (HAN) yang diselenggarakan Paguyuban Ibu-Istri Karyawan PT Ipmomi (PIPMi).

Menurut Ria, kalau ingin anak berbudi, orang tua wajib mengajarkan hal positif. Sebab, pelajaran yang diterima anak kecil akan diingat hingga mereka besar kelak.

Selanjutnya, Ria mengingatkan pentingnya orang tua mengajarkan sejak dini empat kata penting kepada anak-anaknya. "Ajarkan 4 kata," kata Ria melalui boneka Susan. Empat kata itu adalah "terima kasih", "maaf", "permisi", dan "tolong".

Empat kata tersebut memiliki efek positif. Misalnya ucapan "terima kasih". Ucapan tersebut kata Ria, adalah cara menghargai setiap pekerjaan. "Berterima kasihlah pada orang yang berjasa. Meski jasanya kecil," ujar Ria.

Selanjutnya kata "maaf". Ucapan itu, kata Ria, perlu dibiasakan pada anak. Menurutnya, jangan biarkan anak menjadi cuek. Pemberi maaf, menurutnya akan mudah mendapat teman. "Kalau punya salah, harus minta maaf," kata Ria mengingatkan.

Begitu juga dengan kata "permisi" dan "tolong". Kata-kata tersebut juga memiliki manfaat yang besar bagi anak. Anak kecil akan mudah mengingat empat kata tersebut. Namun, yang penting, empat kata itu juga harus dibiasakan oleh orang tuanya. "Orang tuanya juga harus begitu. Jangan segan minta maaf pada anak," ujar Ria.

Sementara, dalam pantauan Radar Bromo, acara itu kemarin diikuti tidak hanya ibu-ibu dan anak-anaknya yang masih kecil. Bapak dan remaja juga banyak terlihat. Yang remaja juga bisa menikmati acara itu karena ada pemutaran film Queen Bee. Selain itu, acara pagi kemarin juga dimeriahkan penampilan seni dari para bocah.

Manager PT Ipmomi Paiton Bambang Jiwantoro mengatakan, kegiatan semacam ini diselenggarakan agar bisa memberi motivasi kepada orang tua. "Didikan yang diberikan (kepada anak) harus tepat," ujar Bambang.

Sedangkan Ketua PIPMi Sat Iriantono menyatakan, pihaknya sengaja mendatangkan Ria Enes agar bisa memberi motivasi. Tidak hanya pada orang tua, tapi juga pada anak-anak. "Mereka (anak kecil) suka dengan Ria Enes dan Susan," ujar Sat. (eem/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=163062

Tidak ada komentar:

Posting Komentar